Peran Trakhea dalam Pernafasan manusia

Trakea, atau tenggorokan, adalah sebuah tabung yang panjangnya sekitar 5 inci yang terbuat dari tulang rawan hialin cincin berbentuk C dilapisi dengan epitel kolumnar bersilia semu. Trakea menghubungkan laring ke bronkus dan memungkinkan udara untuk melewati leher dan ke dada. Cincin tulang rawan yang membentuk trakea memungkinkan untuk tetap terbuka ke udara setiap saat. Ujung terbuka dari cincin tulang rawan menghadap posterior ke arah kerongkongan, sehingga kerongkongan memperluas ke ruang yang ditempati oleh trakea untuk mengakomodasi massa makanan bergerak melalui kerongkongan.

trakea
Trakea adalah tabung fibrokartilaginosa. Trakea ini dilapisi dengan epitel pernapasan bersilia dan memiliki cincin trakea berbentuk C untuk mencegah trakea ambruk. Kesenjangan antara kedua ujung cincin berbentuk C, yang terletak di bagian posterior trakea, yang bergabung dengan otot trakhealis. otot ini membuat bagian posterior trakea datar dibandingkan dengan bagian depan yang bulat (anterior) dan sisi (lateral).

Fungsi Trakea

Fungsi utama dari trakea adalah untuk menyediakan saluran napas yang jelas untuk udara masuk dan keluar dari paru-paru. Selain itu, epitel yang melapisi trakea menghasilkan lendir yang memerangkap debu dan kontaminan lain dan mencegah mencapai paru-paru. Silia pada permukaan sel epitel memindahkan lendir superior menuju faring dimana dapat tertelan dan dicerna dalam saluran pencernaan.
Fungsi Trakea
Fungsi utama dari trakea adalah memungkinkan udara untuk melewati antara laring dan bronkus. Trakea ini memungkinkan udara untuk dibagi dan dialihkan ke kedua paru-paru dengan mengakhiri ke dua bronkus utama.
Epitel pernapasan bersilia juga berfungsi sebagai perangkap partikel debu di udara dan mendorong keluar dari saluran pernapasan, menuju faring (tenggorokan).
Otot trakhealis yang bergabung dengan kedua ujung cincin trakea berkontraksi sehingga konstriksi tabung trakea. Hal ini berguna untuk meningkatkan tekanan saat batuk untuk mengeluarkan partikel asing yang menyebabkan iritasi.

Gangguan Trakea

Setiap penyakit pada sistem pernapasan dapat mengganggu fungsi keseluruhan tubuh Anda karena sistem pernapasan bertanggung jawab untuk memfasilitasi proses ekstraksi energi dari makanan. Membentuk bagian tubular depan sistem pernapasan, struktur anatomi, jika trakea mengalami beberapa gangguan akut atau kronis, akan menyebabkan kerusakan pada sistem saluran napas dan sering menyebabkan kematian individu. Hal ini mengejutkan untuk mengetahui bahwa trakea adalah sistem organ tubuh Anda yang terbuka dan sangat rentan terhadap bahaya lingkungan, terutama dalam suasana udara yang sangat tercemar. Sejumlah penyakit trakea mungkin timbul dari berbagai faktor, seperti infeksi dan turun-temurun yang meliputi peradangan, pembentukan tumor, perkembangan kanker, gangguan obstruktif, dll trakea stenosis ditandai dengan peradangan pada batang tenggorokan yang dapat dihilangkan dengan endoskopi atau terapi bedah. Pembentukan tumor besar (jinak atau kanker) dalam lumen trakea dapat menyebabkan penyumbatan saluran udara dan kematian korban. Meskipun sangat sulit untuk menghindari kontak dengan penyakit pernapasan, perawatan yang tepat, langkah-langkah pencegahan dan pengobatan dini dapat menyelamatkan Anda dari berbagai gangguan pada tenggorokan.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/01/fungsi-trakea-pada-sistem-pernafasan.html#comment-4468
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog