klasifikasi carolus linnaeus dan binomial nomenklatur

Dalam biologi, kenapa Klasifikasi menjadi hal yang sangat penting? Ada ribuan sampai jutaan spesies, sehingga mengelompokkan organisme ke dalam kategori yang tepat dapat menjadi tugas yang sulit. Untuk membuatnya lebih mudah bagi semua ilmuwan dapat memahaminya, sistem klasifikasi harus dikembangkan.


Klasifikasi Linnaeus

Evolusi kehidupan di Bumi selama 4 miliar tahun terakhir telah menghasilkan berbagai macam spesies. Selama lebih dari 2.000 tahun, manusia telah mencoba untuk mengklasifikasikan keragaman kehidupan. Ilmu yang mengklasifikasikan organisme disebut taksonomi. Klasifikasi merupakan langkah penting dalam memahami keragaman ini dan sejarah evolusi masa lalu kehidupan di Bumi.
Semua sistem klasifikasi modern memiliki akar dalam sistem klasifikasi Linnaeus. Ini dikembangkan oleh ahli botani Swedia Carolus Linnaeus pada 1700-an. Dia mencoba untuk mengklasifikasikan semua makhluk hidup yang diketahui pada masanya. Dia mengelompokkan bersama organisme yang berbagi ciri-ciri fisik yang jelas, seperti jumlah kaki atau bentuk daun. Karena kontribusinya, Linnaeus dikenal sebagai “Bapak taksonomi”

Sistem klasifikasi Linnaeus terdiri dari hierarki kelompok, yang disebut taksa (tunggal, takson). Taksa berkisar dari kingdom sampai spesies (lihat Gambar di bawah). Kingdom adalah pengelompokan terbesar dan paling inklusif. Ini terdiri dari organisme yang berbagi hanya kesamaan dasar. Contohnya adalah kingdom tumbuhan dan hewan. Ini terdiri dari organisme yang cukup mirip dengan menghasilkan keturunan yang subur bersama-sama. Spesies yang terkait erat dikelompokkan bersama dalam genus.
Sistem klasifikasi Linnaeus
Sistem Klasifikasi Linnaeus: Klasifikasi Spesies Manusia. Bagan ini menunjukkan taksa sistem klasifikasi Linnaeus. Setiap takson adalah pembagian takson di bawahnya pada grafik. Misalnya, spesies merupakan subdivisi genus. Klasifikasi manusia diberikan dalam grafik sebagai contoh.

Binomial Nomenklatur

Mungkin kontribusi tunggal terbesar yang dibuat Linnaeus untuk ilmu adalah metodenya penamaan spesies. Metode ini, yang disebut binomial nomenklatur, memberikan masing-masing nama spesies dengan dua kata Latin yang unik terdiri dari nama genus dan nama spesies. Contohnya adalah Homo sapiens, dua kata nama Latin untuk manusia. Secara harfiah berarti “manusia yang bijaksana.” Ini adalah mengacu pada otak besar kita.
Mengapa memiliki dua nama ini begitu penting? Hal ini mirip dengan orang yang memiliki nama pertama dan terakhir. Anda mungkin tahu beberapa orang dengan nama pertama Michael, tapi nama belakang ditambahkan ke Michael biasanya diberi garis bawah yang menunjukan persis siapa yang Anda maksud. Dengan cara yang sama, memiliki dua nama unik yang mengidentifikasi spesies.

Revisi klasifikasi Linnaeus

Linnaeus menerbitkan sistem klasifikasi di tahun 1700-an. Sejak itu, banyak spesies baru telah ditemukan. Melalui biokimia banyak organisme baru juga menjadi dikenal. Akhirnya, para ilmuwan menyadari bahwa sistem klasifikasi Linnaeus diperlukan revisi.
Sebuah perubahan besar pada sistem Linnaeus adalah penambahan takson baru yang disebut domain. Sebuah domain adalah takson yang lebih besar dan lebih inklusif dari kingdom. Kebanyakan ahli biologi setuju ada tiga domain kehidupan di Bumi: Bakteri, Archaea, dan Eukaryota (lihat Gambar di bawah). Kedua Bakteri dan Archaea terdiri dari prokariota bersel tunggal. Eukaryota terdiri dari semua eukariota, dari protista bersel tunggal sampai manusia. Domain ini termasuk kingdom Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), Fungi (jamur), dan Protista (protista).

pohon pilogenetik
Pohon filogenetik ini didasarkan pada perbandingan urutan basa RNA ribosom antara organisme hidup. Pohon itu membagi semua organisme menjadi tiga domain: Bakteri, Archaea, dan Eukarya. Manusia dan hewan lainnya termasuk dalam domain Eukarya. Dari pohon ini, organisme yang membentuk domain Eukarya tampaknya telah berbagi nenek moyang yang sama yang lebih baru dengan Archaea dari Bakteri.

Ringkasan

Klasifikasi merupakan langkah penting dalam memahami kehidupan di Bumi. Semua sistem klasifikasi modern memiliki akar dalam sistem klasifikasi Linnaeus. Sistem Linnaeus didasarkan pada kesamaan dalam ciri-ciri fisik yang jelas. Ini terdiri dari hirarki taksa, dari kingdom sampai spesies. Setiap spesies diberi dua kata dari nama Latin yang unik. Domain baru ditambahkan adalah takson yang lebih besar dan lebih inklusif dari kingdom.

artikel ini disalin lengkap dari: http://budisma.net/2015/04/sistem-klasifikasi-carolus-linnaeus-dan-binomial-nomenklatur.html
halaman utama website: http://budisma.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog