Siklus Hidup Lengkap Ikan Tuna

Scombridae
Scombridae adalah nama family untuk ikan laut jenis tuna. Ada sekitar 55 spesies dalam 15 genus dari family Scombridae. Tuna termasuk perenang cepat dan terkuat di antara ikan bertulang sejati. Species tercepat dari keluarga ikan ini adalah Wahoo (Acanthocybium solandri) dengan kecepatan 75km/jam.
gambar ikan wahoo (acanthocybium solandri)
Wahoo (Acanthocybium solandri)
Species terbesar adalah Northern Bluefin Tuna (Thunnus thynnus) dengan berat hingga 700 kg dan panjang hingga 4,5 m. Rekor dunia untuk Tuna adalah Tuna seberat 1496 pounds (678.5 kg) yang ditangkap pada tahun 1979 oleh Ken Fraser. Tuna jenis ini juga merupakan tuna termahal (396.000 USD/Rp. 3,5 Miliar).

ikan tuna terbesar di dunia
Northern Bluefin Tuna (Thunnus thynnus)

Mackerel
Mackerel adalah sebutan untuk ikan laut dari keluarga Tuna (Scombridae) yang ukurannya relatif kecil hingga sedang, seperti Tenggiri (Spanish mackerel/Scomberomorus) , Butterfly kingfish (Gasterochisma melampus) dan Kembung (Short Mackerel/Rastrelliger).

gambar ikan tenggiri
Tenggiri (Spanish Mackerel/Scomberomorus maculates)
Butterfly kingfish (Gasterochisma melampus)
Butterfly kingfish (Gasterochisma melampus)
gambar ikan kembung
Kembung (Short Mackerel/Rastrelliger brachysoma)
Mackerel masuk dalam golongan ikan pelagis, yaitu ikan yang mengandung sekitar 30% minyak di dalam tubuhnya (terutama di rongga perut). Minyak ikan pelagis mengandung vitamin A, D, asam lemak & Omega 3. Mackerel sering dijadikan ikan kalengan.
Selain mackerel, beberapa jenis tuna lainnya yang umum dikenal masyarakat antara lain Tongkol (Bullet Tuna/Auxis rochei), Tongkol (Little Tuna/Euthynnus affinis), Cakalang (Skipjack Tuna/Bonito/Katsuwonus pelamis), Yellowfin Tuna (Thunnus albacores), Southern Bluefin tuna (Thunnus maccoyii).
gambar ikan tongkol
Tongkol (Bullet tuna/ Auxis rochei)
ikan tongkol
Tongkol (Little Tuna/Euthynnus affinis)
ikan cakalang
Cakalang (Skipjack Tuna/Katsuwonus pelamis)
ikan tuna sirip kuning
Yellowfin Tuna (Thunnus albacores)
ikan tuna sirip biru
Southern Bluefin tuna (Thunnus maccoyii)
Anatomi Tuna
gambar anatomi ikan tuna
Anatomi Tuna
Tubuh berukuran besar, berbentuk fusiform (lebar di bagian tengah dengan ujung-ujung menyempit). Memiliki 2 sirip dorsal/punggung dan 2 sirip perut. Di belakang sirip punggung dan sirip perut terdapat sederetan sirip-sirip kecil yang disebut finlet berjumlah 7-10 finlet. Tubuhnya tertutup oleh sisik yang sangat kecil, berwarna biru tua dan agak gelap pada bagian atas tubuhnya. Sisik berukuran besar juga ada namun jarang nampak. Tanda sisik besar membentuk semacam lingkaran pada bagian belakang kepala. Hati tuna beberapa kali lebih besar daripada hati ikan lainnya dan lebih mirip dengan hati mamalia
Makanan
Tuna
mendapat stamina fisik yang luar biasa dari pola makan yang sehat seperti ikan-ikan kecil (anchovies, sardines & mackerels), krill (udang kecil), cumi, dan sea squirt/salp.
gambar ikan sarden hidup
Sardines
Salp (Thetys vagina)
Salp (Thetys vagina)

Lama hidup tuna bervariasi tergantung spesies. Northern Bluefin Tuna dapat hidup hingga 30 tahun. Bigeye Tuna & Yellowfin Tuna dapat hidup hingga 9 tahun. Southern Bluefin Tuna dapat hidup hingga 20 tahun. Southern Bluefin Tuna mencapai kematangan seksual pada usia 7-9 tahun. Untuk spesies tuna yang lebih kecil, mencapai kematangan seksual pada usia 3-5 tahun. Antara bulan September-Maret, Tuna berkumpul di daerah pemijahan di Samudera Hindia untuk berkembang biak. Induk Tuna dapat melepaskan sebanyak 100.000 telur per 1 kg berat badan. Tuna dewasa biasanya memiliki berat diatas 100 kg.
Telur
Tuna memulai hidup sebagai telur sekitar 1 mm di lapisan atas air. Setelah sekitar 30 jam pemijahan, telur siap untuk menetas.
telur ikan laut
fish eggs
Larvae
Telur akan menetas menjadi larvae sekitar 2,5 mm. Larvae bertahan hidup dengan memakan crustacea kecil seperti copepod dan mikroplankton lainnya.
larva ikan
fish larvae with copepod
Untuk yang penasaran apa itu copepod, berikut gambar closeupnya (mirip plankton dalam film Spongebob).
copepod
Copepod : Cyclops (Acartia tonsa)
gambar mister plankton
mr plankton
Tuna
Ketika tumbuh sampai 12 mm, tuna kecil mulai mengembangkan pola pigmen kecil yang membantu membedakan mereka dengan spesies tuna lainnya.
anak ikan tuna sirip biru
baby bluefin tuna
Tuna kecil akan tumbuh menjadi tuna muda yang lebih suka hidup di air dangkal (jauh dari predator besar) dekat pantai dan juga cenderung lebih ke permukaan (dekat dengan koloni plankton dan ikan kecil).
anak ikan tuna sirip kuning
small yellowfin tuna
Tuna senang hidup berkelompok, biasanya dengan ukuran yang sama dan tidak terbatas pada satu spesies, dalam gerombolan dapat ditemukan beberapa tuna dengan spesies berbeda. Tapi untuk tuna besar, dengan berat lebih dari 500 pound (225 kg), biasanya hidup soliter (menyendiri).
gerombolan tuna
tuna group
Tuna yang beranjak dewasa mulai berani tinggal di laut dalam dan bahkan berenang menjelajah samudera. Mereka sendiri telah menjadi predator bagi ikan-ikan kecil, termasuk tuna muda. Tuna bisa menyelam hingga kedalaman sekitar 1000 m untuk mencari makanan. Ikan tuna setiap harinya dapat mencerna makanan 15% dari berat tubuhnya.
ikan tuna sirip kuning dewasa
big yellowfin tuna (Thunnus albacares)
Ukuran Tuna dewasa berbeda-beda tergantung spesies mereka (dapat dilihat di chart di bawah)
range ukuran ikan tuna
tuna size chart
ikan tuna sirip biru terbesar
Bluefin Tuna (Thunnus thynnus), spesies tuna terbesar, bisa mencapai panjang 458 cm
Bullet Tuna (Auxis rochei)
Bullet Tuna (Auxis rochei), spesies tuna terkecil, bisa mencapai panjang 36,5 cm
Predator
Karena ukuran mereka yang relatif besar, tuna tidak memiliki banyak predator. Predator tuna antara lain Billfish, Hiu, Paus Pembunuh, dan paling menakutkan : Manusia.
ikan pedang
billfish
paus pembunuh
Paus Pembunuh/Killer Whale (Orcinus orca)
Jepang dan Amerika Serikat merupakan konsumen terbesar ikan tuna, dengan tingkat konsumsi masing-masing sekitar 36% dan 31% dari hasil tangkapan di dunia. Bluefin Tuna adalah spesies tuna yang paling dieksploitasi yang menyebabkan spesies ini masuk dalam daftar endangered species.
pasar lelang ikan tuna
fresh tuna
Di jepang, daging tuna di sebut maguro.
maguro sushi
maguro sushi
Bagian daging paling mahal dari Bluefin Tuna adalah Toro, daging perut berlemak. Semakin berlemak, semakin disukai.
gambar anatomi ikan tuna
maguro anatomi

artikel ini disalin lengkap dari: https://adearisandi.wordpress.com/2011/05/08/siklus-hidup-tuna-part-1/
halaman utama website: https://adearisandi.wordpress.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog