Melebihi Kecepatan Cahaya, Benda Ini Bisa Keluar Dari Blackhole

Sampai saat ini, ilmuwan masih percaya bila tidak ada benda apapun yang teridentifikasi hingga kini mampu melesat mengalahkan kecepatan cahaya. Tetapi bisa jadi, nampaknya teori fundamental itu kini sudah kuno. Ilmuwan IFAE (Institut de Fisica d’Altes Energies) di Barcelona telah menemukan fenomena unik dan langka yang terjadi di sebuah Lubang Hitam atau Blackhole, yang terletak di pusat galaksi IC-310.


Galaksi IC-310 adalah sebuah galaksi raksasa yang terletak di konstelasi Perseus yang berjarak 260 juta tahun cahaya dari Bumi. Di luar prediksi para ilmuwan, ternyata tampak dari pusat Lubang Hitam itu muncul pancaran sinar Gamma.
Padahal berdasarkan hukum Fisika tidak ada benda apapun di alam semesta yang telah dikenali oleh peneliti, dapat mampu melepaskan diri dari gaya tarik pusat Lubang Hitam, bahkan cahaya sekalipun.
galaksi galaxy ic310
Galaxy IC310

“Tidak ada benda yang secara tiba-tiba dapat bergerak dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya dan melepaskan diri dari Lubang Hitam,” ujar Julian Sitarek, salah satu ilmuwan IFAE, Daily Mail (28/11/2014) lalu.
Oleh sebab itu, ilmuwan menyimpulkan bila sinar itu mampu lepas dari sedotan pusat Lubang Hitam tersebut karena mempunyai kecepatan super tinggi. Hal ini juga dibuktikan dengan jarak yang mampu ditempuh oleh sinar Gamma tersebut dalam waktu singkat.
 

Berdasarkan pantauan ahli antariksa di Kepulauan Canary dengan menggunakan teleskop ‘Magic’, sinar Gamma yang keluar dari Lubang Hitam tersebut mampu mencapai jarak 449 juta kilometer hanya dalam waktu 4,8 menit.
Sementara untuk menempuh jarak yang sama yaitu 449 juta kilometer itu, cahaya memerlukan waktu jauh lebih lama, sekitar 25 menit.
Namun ilmuwan masih terus berupaya mencari tahu apakah benar sinar Gamma tersebut lebih cepat dari cahaya, atau ada hal lain yang telah memicu sinar tersebut untuk dapat bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi itu.
Untuk saat ini, ilmuwan IFAE masih beranggapan bila sinar Gamma berkecepatan tinggi itu muncul setelah Lubang Hitam menelan benda langit tertentu yang cukup kuat, hingga memicu pancaran ‘kilat’ sinar Gamma.
Namun, bila memang benar ada benda yang mampu menembus kecepatan cahaya melarikan diri dari Lubang Hitam, hal ini bisa dimanfaatkan oleh para ilmuwan untuk mengembangkan teknologi yang memungkinkan teleportasi atau bahkan perjalanan waktu.

blackhole lubang htam sinar gamma ray


No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog