Sepuluh Temuan Fantastis di Alam Semesta

bintang-galaksi-1Banyak misteri di hamparan alam semesta ini yang belum kita ketahui. Namun melalui teknologi astronomi, satu persatu misteri itu terkuak. Berikut ini temuan fantastis di alam semesta.
Bintang yang paling cepat rotasinya
Baru-baru ini ilmuwan menciptakan benda buatan yang tercepat rotasinya, 600 juta kali per rotasi, namun, diameternya hanya empat seperjuta meter, setara dengan kecepatan putaran 7500 m / sec. VFTS 102 adalah bintang yang paling cepat rotasinya saat ini, kecepatan permukaan 440,000 m /detik (440 km/detik)

Galaksi terbesar
Diameter Galaksi adalah 100,000 tahun cahaya, dibandingkan dengan galaksi IC 1101 adalah benda raksasa, ukurannya 50 kali lipat dari Bimasakti dan merupakan galaksi terbesar saat ini. Ditemukan pertama kalinya oleh William Herschel pada 1790. Jarak galaksi saat ini adalah 1 miliar tahun cahaya jauhnya dari bumi.
bintang-galaksi-2
Periode orbit bintang tercepat
Kecepatan perputaran bintang di sistem bintang kembar sangat cepat. Sistem biner (bintang kembar) HM Cancri adalah pembentukan dari dua bintang cebol putih. Bintang cebol putih adalah reruntuhan dari bintang mati, jarak kedua bintang ini hanya 3 kali lipatnya diameter bumi. Berputar dengan kecepatan 1,8 juta km, saling menyemburkan gas panas dan energi super besar, hanya 5.4 menit masing-masing berputar selama sepekan.
bintang-galaksi-3
Meteorit tercepat
Pada 22 April 2012 lalu, sebuah meteorit Sutter's Mill melintasi angkasa California, AS. Ia adalah meteorit dengan perputaran tercepat yang berhasil diamati hingga saat ini, kecepatannya hampir 103,000 km, adalah dua kali lipat lebih cepat dari peluncuran roket.
bintang-galaksi-4
Bintang terdingin
Umumnya orang berpikir bahwa bintang itu sangat panas, terang dan besar, namun terkadang bintang itu akan membuat kecewa. Bintang cebol coklat adalah bintang terdingin. Bintang cebol coklat WISE 1828+2650 yang terletak di konstelasi Lira, permukaan suhunya hanya 25 ºC, lebih rendah 10 ºC dibanding suhu penderita hipotermia.
bintang-galaksi-5
Benda langit tertua
HE 1523-0901 adalah benda tertua yang pernah ditemukan. Sebuah bintang yang terletak di galaksi, tahunnya dapat ditelusuri kembali dengan berdasarkan pelapukan uranium atau thorium hingga 13,2 miliar tahun lampau, sedangkan usia alam semesta adalah 13,7 miliar tahun.
bintang-galaksi-6
Planet yang terindikasi mengandung molekul air
Ketika para astronom mengamati kuasar MG J0414 0534, kuasar (bintang semu) ini terindikasi mengandung molekul air, planet ini dapat memperbesar suatu gelombang radio berfrekuensi tertentu, membentuk 'maser air'.
Hal itu adalah suatu radiasi seperti laser, dan ini akan membuktikan bahwa di luar planet bumi terdapat molekul kimia yang cocok untuk kehidupan.
bintang-galaksi-7
Monster magnetik
Benda langit dengan magnetic terkuat di alam semesta adalah bintang neutron SGR 0418+5729, pada 2009 silam, Badan Antariksa Eropa menemukan bintang Neutron ini, ilmuwan merancang X-ray release processing technologi, sehingga dapat mengamati medan magnet di bawah permukaan planet tersebut.
Bintang Neutron ini digambarkan sebagai "monster magnetik"
bintang-galaksi-8
Semburan sinar-X yang paling kuat
Pada Juni 2006 lalu, teleskop 'Swift' NASA mendeteksi semburan sinar X yang paling kuat, yang berjarak 5 miliar tahun cahaya dari bumi. Intensitas yang sangat besar, dapat mengunci perangkat lunak pengolahan data satelit lintasan bumi. Ilmuwan menyebutnya sebagai 'ledakan sinar x bak tsunami'.

bintang-galaksi-9
Lensa kosmik maksimum
Gugusan galaksi J0717.5+3745 adalah lensa kosmik terbesar sekaligus merupakan gugusan galaksi paling padat,sehingga digambarkan sebagai 'lomba bebas kosmik'. Jaraknya dari bumi 5.4 miliar tahun cahaya. Efek lensanya dapat dipakai untuk mengembangkan benda langit yang memiliki massa di alam semesta tapi tidak melepaskan sinar. (dajiyuan/joni/rahab)

bintang-galaksi-10

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog