Ledakan Terbesar Di Alam Semesta Terbentuk Oleh Medan Magnet Extrim

http://astronesia.blogspot.com/
Pengukuran cahaya terpolarisasi dalam sisa-sisa cahaya dari GRB 120308A oleh Teleskop Liverpool dan instrumen RINGO2 menunjukkan adanya medan magnet yang stabil dalam skala besar yang terhubung dengan lubang hitam muda, seperti yang ditunjukkan dalam ilustrasi ini.

AstroNesia ~ Sebuah studi baru menggunakan pengamatan dari instrumen Novel memberikan tampilan terbaik sampai saat ini dari medan magnet di jantung ledakan sinar gamma, ledakan paling energik di alam semesta. Sebuah tim astronom internasional dari Inggris, Slovenia dan Italia telah melihat sekilas infrastruktur ledakan yang memiliki jet berkecepatan tinggi.

Ledakan sinar gamma adalah ledakan paling terang di alam semesta. Sebagian besar di peerkirakan di picu oleh ketika inti dari sebuah bintang masif kehabisan bahan bakar nuklir, runtuh di bawah beratnya sendiri, dan membentuk lubang hitam. Lubang hitam kemudian mendorong jet partikel yang mengebor semua jalan melalui bintang yang runtuh dan meledak ke luar angkasa dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.

Pada 8 Maret 2012, satelit Swift mendeteksi pulsa 100 detik sinar gamma dari sumber di konstelasi Ursa Minor.Wahana tersebut langsung meneruskan lokasi ledakan sinar gamma yang dijuluki GRB 120308A, ke observatorium di seluruh dunia.

Teleskop terbesar robot optik terbesar di dunia,Teleskop Liverpool 2 meter yang terletak di Roque de los Muchachos Observatory di La Palma di Kepulauan Canary, secara otomatis menanggapi pemberitahuan Swift.

"Hanya empat menit setelah menerima kode Swift, teleskop Liverpool berhasil menemukan sisa cahaya ledakan dan mulai membuat ribuan pengukuran," kata pemimpin peneliti Carole Mundell, yang mengepalai tim ledakan sinar gamma di Astrofisika Research Institute di Liverpool John Moores University di Inggris.

 Teleskop itu dilengkapi dengan instrumen bernama RINGO2,yang dirancang untuk mendeteksi arah yang diinginkan, yang disebut polarisasi, dalam getaran gelombang cahaya dari sisa cahaya ledakan.

Tim Mundell membangun RINGO2 untuk menyelidiki panjang medan magnet yang dipostulasikan untuk mengarahkan dan memfokuskan jet ledakan sinar gamma.Instrumen yang berukuran seperti kotak sepatu ini memutar filter polarisasi dengan kamera super cepat.

Energi di seluruh bidang spektrum, dari gelombang radio hingga sinar gamma, dipancarkan ketika jet membanting disekitarnya mulai mengurangi kecepatan. Hal ini menyebabkan pembentukan gelombang kejut yang bergerak keluar.Pada saat yang sama, gelombang kejut bergerak terbalik kembali ke dalam puing-puing jet, yang juga memproduksi emisi cerah.

Model teoritis dari ledakan sinar gamma memperkirakan bahwa cahaya dari kejutan terbalik harus menunjukkan emisi terpolarisasi yang kuat dan stabil jika jet memiliki medan magnet terstruktur yang berasal dari lingkungan di sekitar lubang hitam yang baru terbentuk, dianggap sebagai “central engine” yang mendorong ledakan.

Pengamatan optik sebelumnya dari sisa cahaya ledakan mendeteksi polarisasi sekitar 10 persen, tetapi mereka tidak memberikan informasi tentang bagaimana nilai ini berubah dengan waktu. Akibatnya, mereka tidak dapat menggunakannya untuk menguji model jet.

Penargetan cepat dari Teleskop Liverpool memungkinkan tim untuk menangkap ledakan hanya empat menit setelah ledakan awal. Selama 10 menit berikutnya, RINGO2 mengumpulkan 5.600 foto-foto sisa cahaya ledakan sedangkan sifat dari medan magnet masih disandikan dalam cahaya yang diambil.

sumber: http://astronesia.blogspot.com/2013/12/ledakan-terbesar-di-alam-semesta.html

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog