Penjelasan Rumus Phytagoras Segitiga Sembarang

Rumus Phytagoras adalah rumus yang sering di pakai dalam pelajaran matematika di sekolah. Kadang kita di buat bingung dengan rumus pitagoras matematika, bagaimana cara membuktikan kebenarannya?

Rumus asli phytagoras

Rumus pytagoras asli adalah dasar dari rumus ini yang digunakan untuk menghitung secara lengkap dan mengembangkan rumus selanjutnya untuk mencari hasil dari angka-angka yang belum diketahui jawabannya. Seperti apa rumus tersebut? Simak pada gambar dibawah ini:



Untuk mencari kebenaran dari rumus asli diatas maka diperlukan contoh soal rumus pythagoras untuk menentukan angka jawaban yang benar serta rumusnya. Membuktikan kebenarannya, di mulai dengan membuat gambar sebuah persegi besar, kemudian gambarlah sebuah persegi kecil di dalam persegi besar tersebut, seperti gambar berikut:



Perhitungannya :
Luas persegi besar = Luas persegi kecil + 4 Luas segitiga
( b + a ) . ( b + a ) = c . c + 4 . 1/2 b.a

b2 + 2 b.a + a2 = c2 + 2 b.a

b2 + a2 = c2 + 2 b.a - 2 b.a

b2 + a2 = c2


Berdasarkan rumus tersebut terbukti bahwa sisi miring sebuah segitiga siku - siku adalah akar dari jumlah kuadrat sisi - sisi yang lain. Rumus ini memang terlihat sederhana namun cukup membuat pusing apabila belum memahami dengan baik langkah untuk menyelesaikannya. Bagi anda yang masih bingung tentang rumus diatas silakan berkreasi membuat soal dan jawaban dari rumus yang memang sudah sangat familiar tersebut.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.sisilain.net/2014/08/rumus-pythagoras-segitiga-sembarang-dan.html
halaman utama website: http://www.sisilain.net/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog