Pengertian Lengkap Resonansi

apa itu Resonansi? Mengapa kayu berongga (kentongan) menghasilkan bunyi yang lebih nyaring (keras) daripada kayu yang tidak berongga ketika dipukul? Bunyi yang dihasilkan tersebut akan lebih nyaring lagi jika volum rongga diperbesar.
Gejala seperti ini juga terjadi pada alat-alat musik seperti gitar, seruling, dan gendang. Mengapa gejala seperti itu dapat terjadi? Telah kita ketahui bersama bahwa bunyi merupakan getaran yang merambat dalam bentuk gelombang longitudinal. Getaran tersebut mempengaruhi medium di sekitamya. Artinya, medium yang dilalui bunyi ikut bergetar. Salah satu akibat pengaruh getaran terhadap medium di sekitamya (udara) adalah timbulnya bunyi yang semakin keras. Gejala seperti ini dinamakan resonansi. 
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang resonansi dapat ditunjukkan dengan percobaan menggunakan garpu tala. Jika dua buah garpu tala berfrekuensi sama salah satunya digetarkan (dibunyikan) kemudian didekatkan ke garpu tala yang lain, garpu tala yang lain tersebut ikut berbunyi. Namun, peristiwa seperti itu tidak terjadi jika frekuensi kedua garpu tala tidak sama. Peristiwa dua garpu tala menunjukkan bahwa suatu bunyi (getaran) dapat menggetarkan benda lain. Peristiwa ikut bergetar inilah yang dinamakan resonansi. Peristiwa resonansi hanya dapat terjadi pada dua buah benda yang memiliki frekuensi alamiah sama.
Pengertian Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda akibat pengaruh getaran benda lain yang berdekatan. Resonansi dapat terjadi jika frekuensi alamiah suatu benda sama dengan frekuensi getaran benda yang mempengaruhinya. Dengan maksud untuk menimbulkan resonansi inilah, alat musik seperti gitar seruling, gendang, dan terompet diberi rongga. Karena udara dalam rongga beresonansi, alat-alat musik yang berongga dapat menghasilkan bunyi yang lebih nyaring. Akibat resonansi ini pulalah pesawat terbang yang terbang dengan kecepatan sarna dengan kecepatan suara dapat runtuh.

artikel ini disalin lengkap dari: http://informasiana.com/bunyi-fenomena-resonansi-bunyi/#
halaman utama website: http://informasiana.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog