Pembagian Gelombang Elektromagnetik

Dalam pembahasan tentang gelombang, terdapat jenis gelombang yang dinamakan gelombang elektromagnetik. Pengertian gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium perantara. Cahaya yang kita nikmati setiap harinya adalah salah satu contoh gelombang elektromagnetik. Namun, gelombang elektromagnetik terbagi atas beberapa jenis. Berikut ini selengkapnya kami uraikan Pembagian Jenis Gelombang Elektromagnetik:
Pembagian Jenis Gelombang Elektromagnetik
Gelombang Elektromagnetik

Sinar inframerah
Sinar inframerah memiliki frekuensi 1011 Hz sampai 1014 Hz. Sinar ini tidak dapat dilihat oleh mata, hanya dapat dideteksi keberadaannya. Jika detektor didekatkan dengan sinar inframerah, maka detektor itu akan menunjukkan adanya pancaran sinar inframerah. Pemanfaatan pemantulan inframerah, antara lain digunakan pada pemanas air dalam rumah tangga serta dalam industri mobil untuk mempercepat pengeringan cat mobil.

Cahaya Tampak
Cahaya tampak memiliki panjang gelombang yang bervariasi, bergantung pada warnanya. Panjang gelombangnya berkisar dari 4.10-7 m sampai 7.10-7 m. Penggunaan cahaya tampak, misalnya sinar laser, yaitu pada bidang kedokteran dan telekomunikasi.

Sinar Ultraviolet
Ultraviolet memiliki panjang gelombang lebih kecil daripada gelombang cahaya tampak, yaitu 10-9 m sampai 10-7 m. Sinar ini dapat dihasilkan oleh lapisan paling luar dari matahari. Sinar ultraviolet dapat memendarkan barium platina sianida dan menghitamkan pelat film. Jika kulit Anda terkena sinar ultraviolet secara terus-menerus, maka jaringan pada kulit Anda akan rusak. Untuk menghindari hal tersebut, pada siang hari biasanya orang menggunakan alat penutup kulit jika bepergian agar tidak terkena sinar ultraviolet secara langsung.
Sinar-X
Sinar-X memiliki frekuensi antara 1016 Hz sampai 1020 Hz dan mempunyai daya tembus yang kuat. Karena daya tembusnya kuat, maka sinar-X digunakan di bidang kedokteran untuk memfoto jaringan tulang di dalam tubuh yang dikenal dengan foto Roentgen. Sinar-X memiliki sifat:
  • merambat menurut garis lurus;
  • tidak menyimpang dalam medan listrik dan medan magnet; 
  • dapat menembus bahan-bahan; 
  • menghitamkan pelat film; 
  • memendarkan beberapa bahan.
Sinar Gamma 
Sinar gamma merupakan radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang sangat kecil, yaitu kurang dari 10 pm. Sinar gamma memiliki daya tembus sangat besar. Biasanya sinar ini digunakan untuk membunuh sel-sel kanker dan sterilisasi alat-alat kedokteran.
artikel ini disalin lengkap dari: http://informasiana.com/pembagian-jenis-gelombang-elektromagnetik/
halaman utama website: http://informasiana.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog