Ilmuwan Khawatir Pemercepat Partikel Bisa Hancurkan Bumi

BNL/PRLM
RHIC, akselerator partikel paling kuat kedua di dunia setelah Large Hadron Collider (LHC), telah di-upgrade secara besar-besaran untuk meningkatkan kekuatannya dan mendorong percobaan ke wilayah yang belum terpetakan.*
RHIC, akselerator partikel paling kuat kedua di dunia setelah Large Hadron Collider (LHC), telah di-upgrade secara besar-besaran untuk meningkatkan kekuatannya dan mendorong percobaan ke wilayah yang belum terpetakan.*
 

Para ilmuwan dan pakar hukum telah menyuarakan keprihatinan dengan percobaan ambisius menggunakan pemercepat partikel yang dengan tidak sengaja bisa menghancurkan planet Bumi.
Salah satu akselerator partikel paling kuat di dunia, yang mampu menghasilkan partikel panas empat triliun derajat Celsius, telah menjadi sorotan setelah para ahli memperingatkan bahwa lubang hitam mikro dan partikel aneh bisa terbentuk.
Realistic Heavy Ion Collider (RHIC) milik Brookhaven National Laboratory, Departemen Energi AS ini mampu mempercepat inti dengan kecepatan cahaya, sebelum mereka bertumbukan dalam upaya untuk menciptakan plasma quark-gluon, zat sangat panas yang diperkirakan telah terjadi tepat setelah Big Bang.
Sementara percobaan itu bisa membantu untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana kehidupan dimulai di bumi, para kritikus telah memperingatkan bahwa partikel subatomik yang disebut 'strangelet' dapat tercipta dengan tidak sengaja.
Partikel-partikel ini memiliki potensi untuk memulai reaksi berantai dan mengubah semuanya menjadi 'materi aneh' yang menurut pakar kosmologi Inggris Martin Rees bisa mengubah Bumi menjadi 'objek superpadat dengan diameter sekitar seratus meter' .
Seperti diberitakan laman Daily Mail, Selasa (18/2/2014), RHIC, akselerator partikel paling kuat kedua di dunia setelah Large Hadron Collider (LHC) milik CERN, telah di-upgrade secara besar-besaran untuk meningkatkan kekuatannya dan mendorong percobaan ke wilayah yang belum
terpetakan.
artikel ini disalin lengkap dari: http://www.pikiran-rakyat.com/serial-konten/bisa-menciptakan-lubang-hitam
halaman utama website: http://www.pikiran-rakyat.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog