Cockpit Voice Rekorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR)

Pesawat komersial besar dan beberapa pesawat kecil komersial, korporasi, dan swasta disyaratkan oleh DKUPPU akan dilengkapi dengan dua “kotak hitam” yang merekam informasi tentang penerbangan. Kedua perekam dipasang untuk membantu merekonstruksi kejadian-kejadian yang menyebabkan kecelakaan pesawat. Salah satunya, yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR), catatan transmisi radio dan suara di kokpit, seperti suara pilot dan suara mesin.
Alat lainnya Flight Data Recorder (FDR), monitor parameter seperti ketinggian, kecepatan udara dan lainnya. Unit analog menggunakan pita seperempat inci magnetik sebagai media penyimpanan dan yang lebih baru menggunakan teknologi digital dan chip memori. Kedua perekam dipasang, didalam badan pesawat yang letaknya paling aman bila terjadi kecelakaan, biasanya bagian ekor.
Setiap perekam dilengkapi dengan Underwater Locator Beacon (ULB) untuk membantu menemukan dalam peristiwa kecelakaan melalui jalan laut. Perangkat ini disebut pinger “”, diaktifkan bila perekam direndam dalam air. Ini mentransmisikan sinyal akustik pada 37,5 KHz yang dapat dideteksi dengan penerima khusus, suara tersebut dapat merambat dari kedalaman 14.000 kaki.
Setelah kecelakaan, baik perekam akan segera dipindahkan dari lokasi kecelakaan dan dibawa ke markas KNKT di Jakarta untuk diproses. Menggunakan komputer yang canggih dan peralatan audio, informasi yang tersimpan pada perekam diekstrak dan diterjemahkan ke dalam format yang dimengerti. Peneliti-in-Charge menggunakan informasi ini sebagai salah satu alat untuk membantu menentukan Kemungkinan Penyebab kecelakaan.
Cockpit Voice Recorder
Foto dari Perekam suara kokpit



CVR Rekaman suara awak pesawat itu, dan juga suara lain di dalam kokpit. ” Mikrofon perekam’s didaerah kokpit ” biasanya terletak di panel instrumen di atas antara dua pilot. Kedengarannya menarik bagi penyelidik dapat mendengarkan kebisingan mesin, peringatan dini, dan klik yang lain dan muncul saat didalam kokpit. Dari suara-suara, parameter seperti rpm mesin, kegagalan sistem, kecepatan, dan waktu di mana peristiwa-peristiwa tertentu sering terjadi dapat ditentukan. Komunikasi dengan Air Traffic Control, briefing radio otomatis cuaca, dan percakapan antara pilot dan didarat atau awak kabin juga direkam.
Sebuah komite CVR biasanya terdiri dari anggota dari KNKT, DKUPPU, operator pesawat, produsen pesawat, produsen mesin, dan Organisasi Masyarakat Profesi Penerbangan, dibentuk untuk mendengarkan rekaman. Komite ini menciptakan sebuah transkrip tertulis dari CVR audio yang akan digunakan selama penyelidikan. DKUPPU kontrol lalu lintas udara dengan kode yang terkait waktu digunakan untuk membantu menentukan waktu standar lokal satu atau lebih kejadian selama urutan kecelakaan. Kali ini diterapkan untuk transkrip, memberikan waktu setempat untuk setiap acara di transkrip itu. waktu yang tepat untuk acara-acara penting lainnya dapat diperoleh dengan menggunakan perangkat lunak spektrum suara. Transkrip, berisi semua bagian terkait pencatatan, dapat dirilis ke publik pada saat sidang umum Dewan Keselamatan.
Perekam Data Penerbangan
Foto dari Perekam Data Penerbangan

The onboard FDR pesawat banyak catatan kondisi operasi penerbangan yang berbeda. Peraturan untuk pesawat baru diproduksi harus memantau setidaknya delapan puluh delapan parameter penting seperti waktu, ketinggian, kecepatan udara, dan sikap pesawat. Selain itu, beberapa FDRs dapat merekam status karakteristik dalam penerbangan lebih dari 1.000 lain yang dapat membantu dalam penyelidikan itu. Item dimonitor bisa apa saja dari posisi flap ke auto-pilot mode atau bahkan asap alarm.
Dengan data yang diambil dari FDR, Dewan Keamanan dapat menghasilkan rekonstruksi video animasi komputer penerbangan. penyidik kemudian dapat memvisualisasikan sikap pesawat, pembacaan instrumen, pengaturan kekuasaan dan karakteristik lain dari penerbangan. animasi ini memungkinkan tim investigasi untuk memvisualisasikan saat-saat terakhir pesawat sebelum kecelakaan itu.
Baik Flight Data Recorder dan Cockpit Voice Recorder telah terbukti menjadi alat yang berharga dalam proses penyelidikan kecelakaan. Mereka dapat memberikan informasi yang mungkin sulit atau tidak mungkin untuk mendapatkan dengan cara lain. Bila digunakan bersama dengan informasi lain yang diperoleh dalam penyelidikan, perekam yang memainkan peran yang semakin meningkat dalam menentukan Kemungkinan Penyebab kecelakaan pesawat.
Specifications
Flight Data Recorder
Time recorded
25 hour continuous
Number of parameters 18 – 1000+
Impact tolerance 3400Gs / 6.5 ms
Fire resistance 1100 degC / 30 min
Water pressure resistance submerged 20,000 ft
Underwater locator beacon 37.5 KHz; battery has shelf life of 6 years or more, with 30-day operation capability upon activation
Cockpit Voice Recorder
Time recorded
30 min continuous, 2 hours for solid state digital units
Number of channels 4
Impact tolerance 3400Gs / 6.5 ms
Fire resistance 1100 degC / 30 min
Water pressure resistance submerged 20,000 ft
Underwater locator beacon 37.5 KHz; battery has shelf life of 6 years or more, with 30-day operation capability upon activation

artikel ini disalin lengkap dari: https://tekpesud.wordpress.com/category/perekam-suara-kokpit-cvr-dan-flight-data-perekam-fdr/
halaman utama website: https://tekpesud.wordpress.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog