Perbedaan Kura-Kura, Penyu dan Bulus (Labi-Labi)

Kura-kura atau dalam bahasa Inggris disebut Turtle, bisa merujuk pada sekelompok hewan yang terkumpul dalam ordo Testudines, baik yang hidup di darat, laut, maupun di air tawar. Kura-kura adalah reptil berkaki empat dengan ciri khas adanya batok keras dan kaku. Batok ini terdiri atas karapas (bagian punggung) dan plastron (bagian perut). Jadi secara umum, semua kelompok reptil ini, baik kura-kura darat, penyu, bulus, maupun labi-labi dapat disebut kura-kura.

Labi-labi Moncong Babi (Carettochelys insculpta)
Labi-labi Moncong Babi (Carettochelys insculpta) Gbr. wikipedia

Namun antara ketiganya, dapat juga berbeda satu sama lain. Ordo Testudines, di Indonesia sering kali dibagi dalam tiga kelompok yaitu kura-kura (tortoises), penyu (sea turtles), dan bulus atau labi-labi (freshwater turtles). Dalam bahasa Inggris, kura-kura masih dibedakan lagi menjadi kura-kura darat (land tortoises) dan kura-kura air tawar (freshwater tortoises atau terrapins).

Perbedaan paling ketara antara ketiganya adalah dilihat dari habitat atau tempat hidupnya. Perbedaan secara umum antara kura-kura, penyu, dan bulus berdasarkan habitatnya, yaitu :
  • Kura-kura, meskipun dapat hidup di darat dan di air tetapi lebih banyak menghabiskan waktunya di darat ketimbang di air tawar.
  • Penyu, sepenuhnya hidup di air laut dan hanya penyu betina saja yang beberapa tahun sekali ke daratan (pantai) untuk bertelur. Karena itu, penyu kerap disebut juga sebagai kura-kura laut.
  • Bulus atau labi-labi, kebalikan dari kura-kura, lebih banyak menghabiskan waktunya di air tawar ketimbang di darat.
Kura-kura Rote
Kura-kura Rote
Berdasarkan struktur tubuh, antara kura-kura, penyu, dan bulus dapat dibedakan berdasarkan ciri-ciri umum, meliputi :
  • Karapas. Kura-kura memiliki karapas dua lapis, lapisan luar terdiri dari kumpulan sisik yang keras dan lapisan dalam yang berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat. Penyu tidak memiliki sisik pada karapas melainkan sejenis kulit. Sedangkan labi-labi (bulus) karapsnya tersusun dari tulang rawan yang lebih lunak dibanding karapas kura-kura dan penyu.
  • Kaki. Kaki kura-kura didesain untuk berjalan di darat sehingga memiliki kuku-kuku yang tajam. Sedangkan pada penyu dan bulus, bentuk kakinya menyerupai sirip yang membantunya berenang di air.
Penyu Abu abu (Lepidochelys olivacea)
Penyu Abu abu (Lepidochelys olivacea)
ADVERTISEMENT
Penyebutan kura-kura, penyu dan bulus dengan beberapa perbedaannya tersebut hanya untuk mempermudah diskripsi bagi masyarakat umum. Sedangkan untuk keperluan ilmiah, perbedaannya tentunya didasarkan pada klasifikasi ilmiah berupa jenjang famili, genus, dan spesies. Berdasarkan klasifikasi ilmiah, kura-kura (ordo Testunides) dibedakan dalam 14 famili yaitu :
  1. Carettochelyidae
  2. Chelida
  3. Cheloniida
  4. Chelydrida;
  5. Dermatemydida;
  6. Dermochelyidae
  7. Emydidae
  8. Geoemydidae
  9. Kinosternidae
  10. Pelomedusidae
  11. Platysternidae
  12. Podocnemididae
  13. Testudinidae
  14. Trionychidae

artikel ini disalin lengkap dari: http://alamendah.org/2014/07/15/perbedaan-kura-kura-penyu-dan-bulus-2/
halaman utama website: http://alamendah.org/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog