Intan - Benda Terkeras di Dunia

Pada waktu kecil mungkin kita sering main tanah basah yang dikepal-kepal atau di tindih pakai batu sehingga tanah tersebut menjadi berbentuk pejal dan keras, nah untuk intan pun proses terbentuknya seperti itu tetapi oleh alam, dalam hitungan kurun waktu jutaan tahun yang lalu bumi dalam masa penyejukan yang dimanapada waktu tersebut di dalam tanah terdapat sejumlah besar bebatuan cair oleh panas bumi, bebatuan cair tersebut terkompresi oleh tekanan yang besar dari alam dan panas yang terus menerus sehingga menjadi suatu lapisan karbon yang sangat keras yang selanjutnya kita sebut dengan intan.



Intan merupakan benda terkeras yang dihasilkan oleh alam, meskipun kita tidak bisa mengukur secara pasti indeks kekerasannya tapi ada seorang ahli pada tahun 1980 yang mencoba untuk mengukur indeks kekerasan benda dengan cara test goresan yang bernama "Mohs", alhasil dari penelitiannya beliau menyusun suatu tabel berdasarkan kekerasan dari berbagai macam mineral. indeks kekerasan setiap mineral tersebut jika di urutkan secara garis besar ialah seprti di bawah ini:
  1. Talk
  2. Gips
  3. Kalsit
  4. Fluorit
  5. Afatit
  6. Feldspar
  7. Quart
  8. Topaz
  9. Korundum
  10. Intan.
Dari tabel tersebut bisa di lihat bahwa intanlah yang menjadi primadona yang memiliki indeks terkeras. nah mungkin kita pada bertanya, kalau intan merupakan benda terkeras di alam lantas bagaimana cara memotong dan membentuk intan menjadi sedemikian indahnya, jawabannya ialah benda yang dapat memotong intan adalah dengan intan lagi. jadi selama ini yang  dipakai para pengrajin intan ialah suatu perkakas yang telah dilapisi atau mengandung serbuk intan.

artikel ini disalin lengkap dari: http://tetesinfo.blogspot.com/2014/10/intan-merupakan-benda-terkeras.html
halaman utama website: http://tetesinfo.blogspot.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog