Pengertian Curium Lengkap

Curium (Cm), unsur kimia sintetis dari seri aktinoid dari tabel periodik, nomor atom 96. Keberadaan di alam tidak diketahui, curium (sebagai isotop curium-242) ditemukan (musim panas 1944) di Universitas Chicago oleh ahli kimia Amerika Glenn T . Seaborg, Ralph A. James, dan Albert Ghiorso dalam sampel isotop plutonium, plutonium-239, yang telah dibombardir oleh ion helium (partikel alpha) dalam 152-cm (60 inci) siklotron di University of California , Berkeley.
 
 
Curium adalah unsur transuranium ketiga yang ditemukan. Unsur Curium dinamai dengan nama fisikawan Perancis Pierre dan Marie Curie. Curium adalah logam perak. Semua isotopnya bersifat radioaktif. Untuk penelitian kimia, curium-242 (paruh 163-hari) telah digantikan oleh curium-244 (paruh 18,1 tahun) dan masih berumur panjang isotop curium-248, yang dibangun dari plutonium-239 dengan iradiasi neutron. Curium memiliki bentuk oksidasi umum +3 sebagai kuning ion cm3 + sangat samar dalam larutan air, sebagai sesquioxide Cm2O3, dan sebagai trihalides; Curium secara kimiawi mirip dengan unsur-unsur aktinoid tripositive lain dan unsur-unsur lantanoid. Bentuk oksidasi +4 muncul di dioksida hitam CmO2 dan sebagai ion Cm4 + kompleks dengan ion fluoride.
Lester Morss
Properti elemen
nomor atom
96
stablest isotop
247
titik lebur sekitar
1.340 ° C (2444 ° F)
berat jenis sekitar
13.51
oksidasi
+3, +4
konfigurasi elektron bentuk atom gas
[Rn] 5f 76d17s2

artikel ini disalin lengkap dari: http://amirsarifuddin.blogspot.com/2015/02/pengertian-curium-dan-penjelasannya.html?utm_source=BP_recent&utm-medium=gadget&utm_campaign=bp_recent
halaman utama website:  http://amirsarifuddin.blogspot.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog