Pengertian Benua dan Nama Nama Benua di Dunia

Amati peta dunia! Kamu akan menemukan daratan dan lautan. Daratan dan lautan membentuk permukaan bumi. Apa sih pengertian benua? Daratan yang luas disebut dengan benua. Lautan yang luas disebut dengan samudra. Benua dikelilingi oleh samudra. Benua- benua yang ada memiliki ciri yang berbeda-beda. Benua terbagi menjadi banyak kawasan dan negara. Hanya Benua Antartika yang tidak memiliki negara.

Pengertian Benua dan Nama Nama Benua di Dunia

Nama Nama Benua di Dunia

Bumi terdiri atas tujuh daratan luas atau benua. Benua yang satu dengan yang lain umumnya dipisahkan oleh samudra. Ketujuh benua itu adalah Benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Antartika. Benua-benua di bumi dikelilingi oleh samudra. Samudra itu adalah Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik, dan Samudra Selatan. Sebagian orang menganggap bumi terdiri atas enam benua, bukan tujuh benua. Anggapan ini tidak salah. Mereka membagi bumi menjadi Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Eurasia, Australia (Oceania), dan Antartika. Eurasia adalah gabungan Benua Asia dan Eropa. Mereka juga ada yang membagi menjadi Benua Amerika, Asia, Eropa, Afrika, Australia (Oceania), dan Antartika. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dianggap satu, yaitu Benua Amerika. Bila kamu menganggap bumi terbagi menjadi enam benua pun juga tidak salah.
Sebagian besar benua masih saling berhubungan. Hanya Benua Australia dan Antartika yang benar-benar terpisah dari benua lain. Seluruh wilayah Benua Australia dan Antartika dikelilingi samudra. Benua Asia dan Afrika dihubungkan oleh Tanah Genting Suez. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh Tanah Genting Panama. Asia dan Eropa sebenarnya satu benua yang disebut Eurasia. Kedua benua terpisah karena alasan budaya dan sejarah.
Apabila kita mengamati peta dunia, dua pertiga wilayah benua terbentang di belahan bumi utara. Seluruh benua dihuni manusia, kecuali Benua Antartika. Luas benua-benua di bumi dapat kamu ketahui pada tabel berikut.
No. Benua Luas (km2)
1. Asia 44.579.000
2. Afrika 30.065.000
3. Amerika Utara 24.256.000
4. Amerika Selatan 17.819.000
5. Antartika 13.209.000
6. Eropa 9.938.000
7. Australia 7.687.000
  Luas semua benua 147.553.000
Luas semua benua adalah 147.553.000 km2 atau 34% dari luas permukaan bumi. Luas permukaan bumi adalah 510.065.000 km2.


artikel ini disalin lengkap dari: http://www.drzpost.com/reading-101-Pengertian-Benua-dan-Nama-Nama-Benua-di-Dunia.html
halaman utama website: http://www.drzpost.com/
Jika ada waktu, Dimohon untuk Membuka Halaman Utama website yang telah saya salin artikelnya ya!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog