Supernova

Apakah anda tahu apa itu supernova? Supernova adalah ledakan yang luar biasa besar yang terjadi pada suatu bintang di galaksi dan menimbulkan energi yang lebih besar atau banyak dari nova. Nova adalah ledakan nuklir kataklismik pada bintang katai putih (bintang kecil yang sudah tidak bersinar lagi) sehingga menyebabkan bintang tersebut tiba-tiba menjadi sangat terang. Ledakan nuklir kataklismik adalah ledakan nuklir pada bintang sehingga secara tidak teratur terjadi peningkatan tingkat terang pada bintang tersebut lalu. Selanjutnya bintang tersebut akan meredup.



Dengan adanya supernova biasanya kejadian ini merupakan tanda berakhirnya “kehidupan” dari bintang tersebut. Para ahli mengatakan bahwa milyaran tahun yang lalu pun pernah terjadi ledakan yang sama. Dan hal itu yang merupakan titik awal munculnya kehidupan di alam semesta. Namun, tahukah anda bagaimana ledakan supernova terjadi?

Berikut  ini proses terjadinya ledakan supernova adalah
Pembengkakan
Bintang yang mengalami ledakan supernova biasanya ditandai dengan pembengkakan atau pun pembesaran bintang tersebut. Pembengkakan yang terjadi pada bintang tersebut mengakibatkan bintang tersebut berwarna merah. Namun segalanya akan berbanding terbalik dengan inti atom. Keadaan inti atom biasanya menjadi panas, padat dan mengalami penyusutan. Meskipun kita telah mengetahui mengenai apa saja yang ada di dalam tata surya namun masih banyak hal yang belum terungkap. Hal ini dikatakan oleh para ahli yang sekarang masih melakukan berbagai penelitian karena masih banyak pertanyaan dibenak kita namun belum terjawab. Kuasa Tuhan yang menciptakan dengan segala kesempurnaanya.
Inti besi
Proses yang terjadi selanjutnya adalah hilangnya seluruh inti sebuah bintang dan yang tersisa hanyalah unsur besinya saja. Pada proses ini suatu bintang mengalami masa kehancuran. Hal itu ditandai dari ketidakmampuan bintang melaksanakan reaksi fusi. Bintang yang tidak dapat menunjukkan fungsinya dapat mengakibatkan panas yang makin meningkat pada inti.    
Peledakan
Suhu pada inti bintang yang meningkat hingga seratus milyar derajat sehingga menyebabkan bintang itu meledak. Suhu pada inti bintang tersebut pindah dan menyelimuti seluruh bagian dari bintang. Yang terjadi setelah itu adalah ledakan yang super dahsyat. Ledakan inilah yang dinamakan ledakan supernova. Ledakan dahsyat tersebut mampu membuat satu gelombang yang sering di sebagai gelombang kejut. Gelombang kejut ini yang mengenai bagian luar pada bintang yang menyebabkan material yang ada menjadi panas. Material yang menjadi elemen baru ini di sebut sebagai isotop radioaktif.
Pelontaran
Pelontaran adalah proses di mana ledakan yang super dasyat supernova berakhir. Nah setelah terjadi gelombang kejut biasanya bintang akan memunculkan material. Material yang keluar akan bertebaran di ruang angkasa. Bahkan material yang meledak ini menyembur hingga materialnya ada yang berhasil sampai ke bumi.
Perlu anda ketahui bahwa bintang yang mengalami supernova akan memancarkan cahaya yang sangat terang. Bahkan cahayanya melebihi dari terangnya cahaya yang semula. Dengan adanya ledakan tersebut pastilah akan menimbulkan dampak dari ledakan tersebut. Dampak yang terjadi setelah adanya ledakan supernova yaitu :
1. Munculnya logam
Inti bintang yang telah mengalami ledakan biasanya akan mengalami reaksi nuklir. Dari reaksi ini munculnya kadar berat. Jika di hitung kadarnya lebih berat dari helium dan hidrogen.
2. Terdapat kehidupan di alam semesta
Proses alam yang sangat menakjubkan. Mengapa di sebut demikian? Hal ini terjadi karena setelah ledakan dahsyat dan mengerikan ada hikmah serta keajaiban yang muncul. Keajaiban yang muncul setelahnya adalah kehidupan di alam semesta ini.

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog