Macam-Macam Masalah pada Sistem Booting dan Cara Mengatasinya

Sistem Operasi tidak ditemukan (The Operating System Was Not Found ) error berarti bahwa komputer anda tidak dapat menemukan dan memuat instalasi Windows karena masalah hardware atau software. Laptop menimbulkan komplikasi tambahan dibandingkan dengan komputer desktop, ketika tidak dapat menemukan sistem operasi itu disebabkan karena mereka memiliki pilihan kontingensi lebih sedikit dan tidak memiliki pilihan perangkat keras yang sama jika ada masalah.

Kegagalan Boot Record
Sebuah hard drive komputer memiliki sesuatu yang disebut " Master Boot Record " yang dikonfigurasi saat Windows di instal yang mengontrol proses sistem operasi pemuatan setelah BIOS selesai loading. Komputer tidak dapat memuat sistem operasi jika ada kesalahan MBR. Kebanyakan laptop menggunakan partisi yang dikonfigurasi pada hard drive jika anda boot ke mengembalikan partisi dan jalankan Repair otomatis ( Automatic Repair )  dan pilih pilihan di bawah Perbaikan Komputer ( Repair Computer ) di bagian menu ,dengan cara ini Windows mungkin dapat merekonstruksi MBR. Anda dapat memperbaiki OS ( Operating System ) dengan menginstal ulang Windows jika perbaikan otomatis ( Automatic Repair ) tidak mampu untuk memperbaiki MBR .
 
Konfigurasi BIOS buruk
BIOS , hal pertama beban komputer anda ketika dinyalakan , konfigurasi hardware dan mempersiapkan komputer untuk memuat sistem operasi . Sebuah konfigurasi BIOS yang buruk dapat menyebabkan komputer untuk mengabaikan hard drive , yang menyebabkan " OS Not Found " error. Anda dapat memasukkan BIOS dengan menekan tombol " Setup" tombol yang biasanya ditampilkan pada splash screen booting - jika komputer tidak menentukan , tombol biasanya F1 , F2 , F8 , Esc atau Hapus . Setelah di BIOS , pilih " Restore Default Settings " cara ini di lakukan supaya laptop kembali  mengenali hard drive lagi. Beberapa kesalahan BIOS memerlukan reset BIOS dengan melepas baterai CMOS : proses ini bisa jauh lebih rumit pada laptop karena mungkin memerlukan menghapus keyboard dan seluruh kasus untuk mengakses baterai .

Sistem Operasi Rusak
Sebuah laptop dapat pop OS Tidak Ditemukan kesalahan jika instalasi Windows rusak . Sebuah instalasi yang rusak dapat diperbaiki dengan menjalankan " Perbaikan otomatis ( Automatic Repair ) " atau menjalankan " System Restore " - keduanya dapat ditemukan di bawah mengembalikan partisi atau boot dari disk instalasi Windows atau flash drive. Apabila cara ini tidak memperbaiki masalah sebaiknya anda memformat hard drive dan menginstal ulang Windows.

Hard Disk dan Kegagalan Motherboard

Laptop mungkin tidak dapat memuat Windows karena hard drive atau motherboard rusak. Laptop menimbulkan masalah lebih rumit ketika pengujian dalam hal ini , karena mereka biasanya hanya memiliki satu tempat untuk menghubungkan hard drive, jadi jika port motherboard telah rusak, sebaiknya perlu diganti. Namun, kegagalan hard drive adalah masalah yang jauh lebih umum : Jika drive membuat suara-suara mengklik ( berisik ) , itu mungkin rusak dan perlu diganti.

artikel ini disalin lengkap dari: http://baho-punya.blogspot.co.id/2014/01/cara-mengatasi-windows-tidak-bisa.html
halaman utama website: http://baho-punya.blogspot.co.id/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog