Rangkaian Listrik Paralel

Rangkaian Listrik Paralel tentu sudah familiar di telinga anda semua. Di sekolah dahulu, tepatnya pelajaran fisika, pastinya anda sudah mempelajari seputar rangkaian listrik paralel.Bagi yang belum tahu, rangkaian listrik paralel adalah rangkaian listrik yang disusun dengan tidak sebaris. Dimana pada input tersebut setiap komponen semuanya berasal dari sumber yang sama. Inilah yang menjadi alasan mengapa rangkaian ini menjadi lebih mahal dari pada rangkaian seri. Tetapi, hal tersebut bukan berarti menjadi kekurangan dari rangkaian paralel. Rangkaian paralel tetap memiliki kelebihan dari pada kalau dibandingkan dengan rangkaian seri. Salah satu kelebihan dari rangkaian paralel, misalnya saja adalah, jika ada komponen yang rusak, maka komponen yang lainnya masih akan tetap dalam keadaan baik tanpa gangguan.

Contoh Gambar Rangkaian Listrik Paralel

Rangkaian Listrik Paralel
Rangkaian paralel ini bisa digabung dengan rangkaian seri dan dikenal dengan nama rangkaian seri-paralel. Pada rangkaian listrik paralel, aliran listrik dari power suply bisa berjalan ke tiap-tiap lampu yang ada. Pada beberapa Rangkaian, ada beberapa jalan yang berbeda tetapi pada akhirnya bisa dialiri oleh arus listrik dengan mudah. Dalam bagan rangkaian listrik paralel, anda akan menemukan dua buah resistor yang susunannya adalah paralel. Sumber tegangan dari kedua resistor bisa meakukan hubungan dengan ujung resistor. Karena itulah, arus listrik bisa mengalir melalui dua jalan berbeda hingga mencapai setiap resistor yang ada.
Contoh paling populer dari rangkaian listrik populer adalah lampu lalu lintas. Contoh yang satu ini paling sering digunakan dimana-mana. Lampu lalu lintas memiliki prinsip kerja dari rangkaian listrik paralel dimana pada sebuah lampu lalu lintas terdapat tiga buah lampu yang saling terhubung secara paralel antara satu buah lampu dengan lampu lainnya. Dari contoh ini anda dapat berkesimpulan, bahwa rangkaian listrik paralel bisa juga disebut sebagai rangkaian berderet. Hal ini disebabkan oleh pembagian beban yang sama antara lampu yang satu dengan yang lain terutama dalam urutan tersebut.

artikel ini disalin lengkap dari: http://komponenelektronika.biz/rangkaian-listrik-paralel.html
halaman utama website: http://komponenelektronika.biz/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog