Perbedaan Kabel UTP dan STP

Karena perannya yang cukup penting sebagai salah satu perangkat keras jaringan komputer, adalah penting bagi kita untuk mengetahui apa saja perbedaan mendasar antara kabel UTP dan kabel STP. Dan disini semuanya akan dijelaskan secara lengkap, baik perbedaan kabel UTP dan STP jika dilihat dari segi wujud fisik maupun beberapa aspek lainnya seperti harga, kemudahan instalasi untuk diterapkan dalam sebuah jaringan komputer, hingga perbedaan harga diantara keduanya.

PERBEDAAN MATERIAL DAN BAHAN PEMBUNGKUS KABEL

Gambar-Perbedaan-Kabel-UTP-dan-STP
Perbedaan kabel UTP dan kabel STP yang pertama terletak pada material kabel dan bahan pembungkus yang digunakan masing-masing kabel. Pada kabel UTP, material logam maupun isolatornya lebih lunak, begitu juga dengan material pembungkusnya yang juga lunak serta memiliki ukuran diameter yang relatif kecil. Sementara pada kabel STP, material logamnya lebih keras dan secara ukuran lebih besar sedikit, bahkan hal ini terus berlanjut ke isolatornya yang juga lebih keras dan sedikit kaku.

PERBEDAAN PROSES INSTALASI

Ukuran kabel UTP yang lebih kecil dan material atau bahan pembungkusnya yang jauh lebih tipis secara otomatis membuatnya lebih bersahabat ketika harus melewati sebuah proses instalasi. Hanya saja guna memaksimalkan fungsi dan kemampuannya, instalasi kabel UTP menuntut adanya perangkat tambahan berupa pipa plastik atau pipa alumunium.
Sementara khusus pada kebel STP, diameter yang lebih besar ditambah dengan material atau bahan pembungkusnya yang cukup tebal membuat instalasi kabel STP jadi sedikit lebih merepotkan. Selain kurang fleksibel karena wujud fisiknya yang kaku, bahan pembungkus yang tebal juga menuntut tenaga ekstra dan lebih berhati-hati jika tidak ingin terluka saat proses crimping. Selain itu karena kabel STP juga dibekali dengan kawat untuk ground, maka bagi beberapa kalangan yang kurang terbiasa dengan proses instalasi kabel STP untuk sebuah jaringan komputer mungkin akan sedikit mengalami kesulitan.

PERBEDAAN LAPISAN PELINDUNG

Gambar-Perbedaan-Antara-Kabel-UTP-dan-Kabel-STP
Perbedaan kabel UTP dan kabel STP yang kedua adalah lapisan pelindung, yang mana hal ini memang sesuai dengan karakteristik atau struktur dari masing-masing kabel itu sendiri. Sesuai dengan namanya, kabel STP diselaputi dengan pelindung alumunium (Shielded), sementara kabel UTP tidak menggunakan lapisan tersebut (Unshielded).

PERBEDAAN KEMAMPUAN

Absennya pelindung alumunium pada kabel UTP membuatnya cenderung lebih rentan terhadap radiasi medan magnet atau voltase yang tinggi. Hal ini bertolak belakang dengan kabel STP yang berkat pelindung alumuniumnya maka memiliki kemampuan lebih untuk bertahan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekeliling kabel. Tentu saja ini merupakan salah satu kelebihan kabel STP yang tidak dimiliki oleh kabel UTP. (Cari tahu lebih banyak tentang kelebihan kabel STP di > Kelebihan dan Kekurangan Kabel STP).

PERBEDAAN HARGA

Gambar-Perbedaan-Kabel-UTP-dan-Kabel-STP
Perbedaan kabel UTP dan kabel STP selanjutnya terletak pada harga. Hal ini bukan suatu hal yang aneh mengingat struktur pembangun dari kedua kabel itu sendiri pada dasarnya memang berbeda cukup jauh. Jika kabel UTP memiliki karakteristik yang lebih simpel, kabel STP justru jauh lebih rumit karena memiliki lapisan pelindung ekstra dan material yang lebih tebal. Alhasil kondisi ini menyebabkan harga kabel UTP jauh lebih murah sehingga dianggap lebih bersahabat dengan kantong, sementara harga kabel STP cenderung lebih mahal dan membuatnya jadi kurang disukai.

PERBEDAAN FUNGSI

Mungkin tidak banyak yang tahu atau mungkin juga sudah tahu tapi sengaja memperlakukan sama penggunaan kabel UTP dan kabel STP. Padahal sejatinya terdapat perbedaan fungsi antara kabel UTP dan kabel STP, yang mana kabel UTP lebih ditujukan sebagai komponen pendukung instalasi jaringan komputer yang bersifat indoor (dalam ruangan), sementara kabel STP ditujukan sebagai perangkat keras untuk jaringan komputer outdoor (luar ruangan).
Perbedaan fungsi kabel UTP dan STP ini sangat wajar karena karakteristik yang dimiliki kabel STP memang lebih mumpuni untuk bertahan dari gangguan yang berasal dari luar termasuk cuaca. Hal ini dapat terjadi karena material yang dimiliki kabel STP jauh lebih tebal dibanding material kabel UTP, selain itu konektor kabel STP juga memiliki kelebihan berupa kemampuan mencegah air atau kelembapan masuk lewat celah konektor yang dapat berakibat mempercepat korosi.
Sementara kabel UTP yang materialnya cenderung lembut jika dipaksakan untuk digunakan dalam instalasi jaringan komputer indoor maka bisa berpotensi cepat rusak karena mudah retak, keropos atau bahkan patah. Sayangnya karena harga kabel UTP jauh lebih murah dibanding harga kabel STP, banyak orang akhirnya nekat untuk menggunakan kabel UTP dengan cara mengakalinya sebagai kabel jaringan untuk instalasi outdoor. Padahal jika terus dibiarkan hal ini dapat berefek buruk terhadap kelangsungan jaringan komputer itu sendiri untuk jangka panjangnya.

PERBEDAAN KONEKTOR

Gambar-Perbedaan-Konektor-Kabel-UTP-dan-Kabel-STP
Perbedaan kabel UTP dan kabel STP yang berikutnya adalah konektor yang digunakan pada masing-masing kabel. Jika kabel UTP umumnya dikawinkan dengan konektor Register Jack (RJ) yang memiliki kode RJ-45, kabel STP justru dipasangkan dengan konektor berkode RJ-11.
Penggunaan dua konektor tersebut bersifat mutlak dan bisa berpotensi menimbulkan bahaya jika kabel UTP atau STP diakali untuk memakai konektor yang bukan menjadi pasangannya. Karena selain memiliki perbedaan karakter, konektor untuk kabel STP telah didesain lebih kuat mengingat fungsinya sebagai kabel jaringan untuk instalai outdoor. Hal ini pulalah yang secara otomatis menjadikan harga konektor kabel STP jauh lebih mahal, bahkan bisa mencapai 10 kali lipat dari harga sebuah konektor untuk kabel UTP.

PERBEDAAN TINGKAT POPULARITAS

Gambar-Perbedaan-Antara-Kabel-UTP-dan-STP
Perbedaan kabel UTP dan kabel STP yang terakhir adalah tingkat popularitas yang terpaut cukup jauh. Dimana dalam hal ini kabel UTP menjadi yang paling populer di kalangan para pengguna ataupun penggiat jaringan komputer secara umum.
Beberapa faktor yang membuat kabel UTP jadi lebih populer ketimbang kabel STP tentu saja dikarenakan oleh harga kabel UTP itu sendiri yang jauh lebih murah dari harga kabel STP, serta proses instalasinya yang jauh lebih mudah dan praktis ketimbang instalasi kabel STP yang terkenal rumit. Meskipun terlihat sederhana, dua faktor itulah yang akhirnya menyebabkan banyak kalangan lebih sering memilih kabel UTP untuk membangun sebuah jaringan komputer, serta disi lain cenderung mengabaikan kehadiran kabel STP.
Demikian 8 Poin Penting Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP. Semoga setelah membaca artikel ini Anda dapat mengenal dan tahu lebih banyak tentang kabel UTP maupun kabel STP, sehingga mengantongi informasi yang cukup jika suatu saat Anda dihadapkan pada sebuah situasi untuk membangun sebuah jaringan komputer, baik itu indoor maupun outdoor.

artikel ini disalin lengkap dari: http://teknodaily.com/8-poin-penting-perbedaan-kabel-utp-dan-kabel-stp/
halaman utama website: http://teknodaily.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog