Sejarah Perkembangan Komunikasi di Dunia

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di dunia ini terus berkembang, salah satunya dalam dunia informatika. Dari awalnya proses perhitungan menggunakan abacus, lalu muncul komputer menggunakan tabung vakum dan memiliki kode biner yang sangat besar dan memakan tempat yang sangat banyak pada generasi pertama.


Disusul dengan generasi kedua munculnya komputer dengan menggunakan transistor untuk sirkuitnya, sehingga lebih kecil dari generasi sebelumnya, memori inti magnetik, bermunculannya komponen-komponen pendukung serta bahasa pemrograman tingkat tinggi.
Meskipun begitu kebutuhan manusia tidak akan habis, sehingga mendorong dalam adanya generasi ketiga. Pada generasi ini, komputer telah menggunakan IC (Integrated Circuit) sebagai pengganti transistor, majunya perkembangan sistem perasi (operating system), dan terdapat peningkatan pada softwarenya.
Generasi keempat, komputer menggunakan LSI (Large Scale Integration), dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor, lalu IBM memperkenalkan Personal Computer, berkembangnya jaringan komputer lokal (LAN) dan jaringan internet.
Tak disangka-sangka, ternyata masih ada generasi kelima namun komputer ini masih dalam pengembanga, komponen yang digunakan adalah VSLI (Very Large Scale Intergration), diramalkan komputer ini dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia.

Namun, pesatnya perkembangan teknologi ini harus kita sadari bahwa, penggunaan energi di dunia semakin tinggi, maka kita sebagai penerus bangsa harus bisa melestarikannya untuk generasi selanjutnya.

artikel ini disalin lengkap dari: https://sulistyaindriani.wordpress.com/2009/05/10/hello-world/
halaman utama website: https://sulistyaindriani.wordpress.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog