Pengertian Lengkap Kosmologi

Kosmologi (cosmology) adalah studi tentang alam semesta dan manusia yang hidup di dalamnya.
Dalam beberapa ratus tahun terakhir, kosmologi telah didominasi oleh fisika dan astrofisika. Sedangkan pada masa sebelum itu, agama dan filsafat yang banyak berperan dalam kosmologi. Agama dan mitologi mencoba memberi jawaban pada manusia untuk “Pertanyaan besar,” tentang asal-usul alam semesta dan hukum-hukumnya sejak zaman prasejarah, namun penjelasan ini lantas digantikan oleh pengamatan dan teori ilmiah.
Namun, kita tidak boleh berasumsi bahwa konsepsi ilmiah tentang kosmologi yang mayoritas disepakati pada saat ini sebagai sesuatu yang absolut benar.
Kosmologi



Meskipun gambaran umum tetap sama sejak tahun 1920-an, secara spesifik, terdapat berbagai konsepsi yang direvisi berdasarkan pengamatan dan teori baru.
Terutama dalam sejarah kosmologi, pada tahun 1964, radiasi latar belakang gelombang mikro kosmik (cosmic microwave background radiation) terdeteksi.
Kosmologi modern telah berhasil mengumpulkan bukti-bukti kuat, seperti radiasi latar belakang gelombang mikro kosmik, dan menyimpulkan bahwa alam semesta terbentuk seiring ledakan besar yang dikenal sebagai Big Bang.
Big Bang terjadi sekitar 13,7 miliar tahun lalu. Mulai dari singularitas dengan volume nol dan massa yang luar biasa, alam semesta lantas lahir.
Tidak hanya materi dilepaskan ke ruang angkasa, tapi ruang angkasa itu sendiri berasal dari Big Bang.
Ditanya “apa yang terjadi sebelum Big Bang”, fisikawan legendaris Stephen Hawking menjawab, “Apa yang terletak di utara Kutub Utara?” Menunjukkan bahwa pertanyaan itu tidak berarti.
Namun, beberapa fisikawan menyatakan bahwa alam semesta kita saat ini adalah alam semesta bayi dari alam semesta induk sebelumnya.
Alam semesta yang teramati saat ini diperkirakan memiliki diameter sekitar 90 miliar tahun cahaya.
Namun angka tersebut hanya merujuk pada alam semesta yang teramati. Seluruh alam semesta mungkin jauh lebih besar, atau bahkan tak terbatas.
Banyak fisikawan juga berpendapat bahwa alam semesta hanyalah satu di antara banyak alam semesta lain (multiverse).
artikel ini disalin lengkap dari: http://www.amazine.co/27038/apa-itu-kosmologi-fakta-sejarah-informasi-lainnya/
halaman utama website: http://www.amazine.co/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog