Interaksi antarkomponen biotik dalam ekosistem

Kehidupan komponen biotik dipengaruhi oleh komponen abiotiknya. Sedangkan keadaan komponen abiotik ditunjang oleh komponen biotik. Oleh karena itu terjadi hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik.
 Contoh hubungan itu adalah sebagai berikut.
1. Komponen biotik memengaruhi komponen abiotik. Contohnya adalah tumbuhan hijau dalam proses fotosintesis menghasilkan oksigen, sehingga kadar oksigen meningkat dan suhu lingkungan menjadi sejuk. Jadi tumbuhan hijau (komponen biotik) mampu memengaruhi komposisi udara dan suhu lingkungan (komponen abiotik). 
2. Komponen abiotik memengaruhi komponen biotik. Contohnya adalah cahaya, tanah, air, udara, dan unsur hara (komponen abiotik) memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (komponen biotik). Sedangkan contoh hubungan saling ketergantungan antara sesama komponen biotik adalah sebagai berikut.

Pola interaksi organisme dalam ekosistem dapat berupa Predasi, Simbiosis, Kompetisi. dan Netralisasi.
·      Predasi itu adalah suatu bentuk hubungan antara pemangsa dan mangsanya. Contohnya kayak interaksi kucing dengan tikus yang kadang-kadang nanti berteman nanti musuhan juga.
·      Simbiosis adalah bentuk hidup bersama dari organisme yang berbeda dengan hubungan yang erat. Sementara Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion. Simbiosis pun dapat dibedakan menjadi empat macam simbiosis sebagai berikut.
1. Simbiosis mutualisme, adalah cara hidup dengan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan antar individu makhluk hidup yang berlainan jenis atau berbeda spesies. Contoh : ikan nemo dan anemone laut
2. Simbiosis komensalisme adalah cara hidup bersama atau tinmbal balik antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis atau berbeda spesies dengan salah satu spesies mendapatkan keuntungan dari yang lain sementara spesies yang lainnya tidak dirugikan. Contoh : ikan paus dan ikan remora

3.  Simbiosis parasitisme, yakni cara hidup bersama atau timbal balik antara dua makhluk hidup yang berbeda spesies, dengan salah satu makhluk hidup memperoleh keuntungan dan yang lainnya dirugikan. Contoh : ikan paus dengan teritip
4. Simbiosis protokooperasi, yakni cara hidup bersama atau timbal balik antara dua makhluk hidup yang berbeda spesies, di mana jika kedua makhluk hidup bersimbiosis atau bersatu akan menjadi lebih baik.
·      Kompetisi ialah persaingan di antara makhluk hidup yang berada di dalam suatu ekosistem. karena lebih dari satu jenis spesies membutuhkan bahan atau makanan yang sama dari lingkungan hidupnya.
·      Netralisasi adalah suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang tidak saling merugikan atau diuntungkan.
·      Antibiosis adalah suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang berbeda jenis atau berseda spesies di mana nakhluk hidup yang satu menghambat dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang lain.
artikel ini disalin lengkap dari: http://lautlestari.blogspot.sg/2012/03/interaksi-antarkomponen-biotik-dalam.html
halaman utama website: http://lautlestari.blogspot.sg/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog