Kegunaan Rambut pada Tubuh Manusia

Tuhan tidak akan menciptakan apapun, kalau semata-mata ciptaan-Nya tersebut tidak bermanfaat. Begitupun dengan semua yang ada di tubuh manusia. Tuhan ciptakan masing-masing dari organ yang ada di tubuh manusia dengan manfaat-nya sendiri-sendiri yang tentunya saling berkaitan.




Dan berikut Kang Soegie akan beberkan beberapa manfaat/ fungsi Rambut atau bulu pada tubuh manusia.

1. Pada Kepala.
Rambut pada kepala atau lebih sering di ibaratkan sebagai mahkotanya kepala. Karena selain untuk keindahan, ternyata juga rambut pada kepala berfungsi sebagai penahan sengatan sinar matahari dan serangan hawa dingin pada kulit kepala. Rambut yang ada di kepala manusia berjumlah tidak kurang dari 100.000 helai rambut dan setiap helainya tumbuh dalam waktu 2 hingga 6 tahun. Namun rambut akan mengalami kerontokan setiap hari tidak kurang 50 hingga 100 helai, tetapi rambut baru akan tumbuh.

2. Pada Mata.
Rambut atau bulu pada mata yang sering kita sebut sebagai alis dan bulu mata, selain untuk kecantikan dan keindahan juga berfungsi sebagai penahan keringat dan hujan yang mengenai dahi dan kemudian ke mata. Alis mata juga dapat memperdalam karakter wajah si pemilik alis sesunguhnya.

3. Pada Hidung.
Dengan adanya rambut pada hidung, maka bakteri, jamur, debu ataupun spora yang masuk ke dalam hidung akan terhambat dan tersaring. Tidak hanya itu saja, rambut pada hidung juga berfungsi meningkatkan kelembaban udara yang dihirup. Hal ini sangat penting untuk proses respirasi lanjutan.

4. Kumis, Janggut, Bulu Dada dan Perut.
Ini biasanya hanya tumbuh pada laki-laki. Maka dari itu, Kumis, Jenggot, Bulu Dada dan Bulu yang tumbuh di perut berfungsi sebagai tanda kelamin sekunder ubtuk lelaki yang sudah dewasa. Atau dengan kata lain, sebagai salah satu pembeda antara laki-laki dan perempuan.

5. Pada Ketiak.
Seperti halnya Kumis, Janggut, Bulu Dada dan Bulu Perut pada laki-laki, rambut pada ketiak biasanya mulai tumbuh pada masa pubertas dan pertumbuhannya biasanya sampai pada akhir usia remaja, yakni 18-20 tahun. Perembesan feromon dari ketiak pada tingkat perkembangan manusia menunjukkan kaitan antara rambut ketiak dengan keseksualan. Respon positif terhadap rangsangan olfaktori di dalam mamalia dan desakan seks yang kuat yang disebabkan oleh perembesan feromon, memberi petunjuk yang berguna mengenai tujuan dan kepentingan rambut ketiak pada manusia. Pernah di wacanakan bahwa rambut itu sendiri bertindak sebagai "anti geseran" semula jadi antara lengan atas dengan toraks. Lebih penting lagi, rambut ketiak secara semula jadi mengusir kelembapan dari kulit yang membantu kulit supaya cukup kering bagi mencegah berkembangnya bakteria yang mengeluarkan bau.

6. Pada Tangan dan Kaki.
Fungsi rambut kaki dan tangan adalah sebagai alat sensor yang paling mujarab. Misal kaki kita berjalan di semak belukar. Hal yang direspon oleh kaki sangat banyak. Mulai dari tumbuhan yang membuat gatal atau bisa merespon kalau ada ulat.

7. Pada Kemaluan.
Berbagai teori mengatakan bahwa fungsi dari rambut kelamin adalah memberikan kehangatan, indikasi visual dari kematangan seksual, pengumpulan dari pengeluaran feromon, dan mengurangi resiko serta akibat yang ditimbulkan dari gesekan luar pada saat berhubungan seksual. Rambut pada kemaluan juga berfungsi sebagai pelindung wilayah dari kelamin yang memang sebagai wilayah yang sensitif.

artikel ini disalin lengkap dari: http://www.kangsoegie.com/2012/11/fungsi-dan-manfaat-rambut-pada-tubuh.html
halaman utama website: http://www.kangsoegie.com
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog