Tembakau Obat Untuk Penderita Diabetes

Bidang pertanian masih menjadi ujung tombak bagi perekonomian di Indonesia, khususnya tembakau. Salah satu kota penghasil tembakau terbesar di Indonesia adalah di Temanggung, Jawa Tengah. Selama ini tanaman tembakau dimanfaatkan hanya sebatas untuk bahan baku rokok, yang sering menimbulkan pro-kontra antara para petani dengan pakar-pakar kesehatan. Disatu sisi tembakau sangat bermanfaat bagi para petani sebagai sumber ekonomi mereka. Namun disisi lain pakar-pakar kesehatan menyebutkan bahwa rokok yang dibuat dari tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama paru-paru.

Sesuatu yang telah diciptakan di dunia ini pasti ada baik maupun buruknya. Begitu juga tembakau, para ilmuwan telah menemukan tembakau yang menyehatkan setelah melakukan rekayasa terhadap faktor genetiknya. Tembakau ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes tipe 1. Peneliti Eropa mengatakan telah menghasilkan tembakau yang mengandung senyawa anti-inflamasi (anti-peradangan) yang disebut interleukin-10 (IL-10)yang dapat membantu pasien diabetes tipe 1 yang masih menggantungkan insulin.
Beberapa jenis tanaman telah dipelajari oleh sejumlah ilmuwan, tetapi tembakau merupakan tanaman yang paling digemari dalam hal riset. “Tembakau adalah tanaman yang fantastis karena mudah mentransformasi genetik dan dengan mudah dapat mempelajari seluruh tanaman dari satu sel,” ungkap Pezzotti. Pezzotti dan koleganya sekarang berencana untuk mengujicobakan tanaman tersebut ke tikus yang memiliki penyakit autoimmune untuk mengetahui responnya. Selanjutnya, mereka ingin menguji apakah pengulangan dosis kecil dapat membantu mencegah penyakit kencing manis pada orang, ketika diberikan bersamaan dengan senyawa lain yaitu glutamic acid decarboxylase (GAD65), yang juga telah diproduksi dari tanaman tembakau.

Mengingat banyaknya jumlah penderita diabetes di dunia, menurut International Diabetes Federation (IDF) ada sebanyak 371 juta jiwa. Sedangkan Indonesia sendiri merupakan Negara urutan ke-7 dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia. Maka pengembangan tembakau untuk obat diabetes sangat berpotensi tinggi, terutama bagi perusahaan obat-obatan.

artikel ini disalin lengkap dari: http://verryega.blogspot.com/2014/03/tembakau-sebagai-obat-bagi-penderita.html
halaman utama website: http://verryega.blogspot.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog