pengertian Sulfur Lengkap

Sulfur atau Belerang termasuk mineral yang jarang dikupas dalam urusan kesehatan. Pasalnya, jika kekurangan mineral ini tidak terlalu menonjol efek sampingnya dibandingakan nutrisi lainnya. Namun, dalam kadar yang cukup, sulfur memberikan kebaikan dalam kesehatan seseorang. Jumlah sulfur yanga ada di dalam tubuh manusia juga terbatas sekitar 140 gram.






Sulfur adalah unsur bukan logam yang mewakili sekitar 0,25 persen dari total berat tubuh. Kebutuhan terhadap sulfur seperti potassium yang tidak terlalu banyak. Sulfur yang masuk tubuh akan didistribusikan ke dalam sel dan jaringan.
Mineral ini disebut pula dengan belerang. Baunya khas dan menusuk hidung. Aromanya mirip wol dari domba yang dibakar. Belerang banyak ditemukan dalam asam amino cystine. Manfaat zat ini pada keratin dapat memperkuat kulit, rambut, dan kuku.
Sulfur hadir pada empat jenids asam amino yakni metionin, asam amino esensial, metionin, dan taurin. Sulfur ditemukan pula pada dua jenis vitamin B yakni tiamin dan biotin yang keduanya medukung kesehatan kulit dan rambut. Meski banyak bentuknya, sulfur secara keseluruhan menjadi bagian dari protein.

Sumber Sulfur

Sumber sulfur sangat banyak. Mineral ini bisa didapatkan dari daging merah, ikan, unggas, telur, susu, dan kacang-kacangan. Kuning telur adalah sumber yang baik untuk belerang. Ditemukan pula belerang pada bawang merah, bawang putih, kubic, kecambah, lobak, kangkung, selada, rumput laut, dan raspberry.

Manfaat Sulfur

Kegunaan sulfur sangat penting sebagai bagian dari empat asam amino. Zat ini berguna melakukan fungsi reaksi enzim dan sistesis protein. Hasilnya yaitu mendorong pembentukan kolagen pada jaringan ikat dan membantu produksi keratin untuk kulit, rambut, maupun kuku.
Sebaga sistin dan metionin, sulfur membantu pembentukan hormon insulin. Hormon ini berguna untuk mengatur metabolisme karbohidrat, anti pembekuan darah, dan heparin. Dalam bentuk taurin, sulfur ditemukan pada asam empedu. Gunanya sebagai pendukung dalam proses pencernaan.
Asam amino sulfur turut merangsang pembentukan zat lain seperti biotin, koenzim A, asam lipota, dan glutathione. Sulfur berguna pula untuk membentuk mucoply sakarida yang berisi kondroitin sulfat untuk kesehatan jaringan sendi.
Sebagai terapi, sulfur dipakai untuk obat sakit kulit seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis. Taurin dipakai sebagai pengobatan epilepsi dan meredakan gejala alergi.

Kekurangan Sulfur

Kekurangan sulfur pada tubuh tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Belum ditemukan gejala yang spesifik saat tubuh tidak cukup sulfur. Namun dimungkinkan seseorang dapat mengalami masalah dengan berkurangnya bakteri usus. Di samping itu mungkin ada masalah pada metabolisme.

Keracunan Sulfur

Dalam kaitannya dengan kelebihan sulfur, juga belum ditemukan informasi yang tetap terkait efek keracunan. Termasuk asupan hariannya pun belum ada petunjuk khusus. Namun diperkirakan kebutuhan harian terhadap sulfur sekitar 850 gram untuk memenuhi kebutuhan protein. Hingga saat ini, belum ada perhatian khusus soal gizi terkait konsumsi sulfur.

artikel ini disalin lengkap dari: http://kb.123sehat.com/mineral/sulfur-belerang/
halaman utama website: http://kb.123sehat.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog