Pengertian Indium Lengkap


Indium (In), unsur kimia, logam langka Kelompok utama 13 (IIIa, atau kelompok boron) dari tabel periodik. Indium memiliki warna putih keperakan yang berkilau. Indium ditemukan (1863) oleh ahli kimia Jerman Ferdinand Reich dan Hieronymus Theodor Richter saat mereka memeriksa sampel bijih seng. Kehadiran garis spektral indigo yang dominan menjadikan namanya. Indium lebih lembut daripada timbal. Indium dapat tergores dengan kuku dan dapat mengalami deformasi hampir tak terbatas.
 

 
Seperti timah, logam murni Indium memancarkan bunyi bernada tinggi saat membengkok. Indium  langka seperti perak. Kerak bumi mengandung rata-rata sekitar 0,05 bagian per juta berat indium. Unsur Indium tidak terjadi sebagai mineral independen yang tidak terkombinasi akan tetapi terjadi sebagai jejak di banyak mineral, terutama seng dan timah, Indium diperoleh sebagai produk sampingan.
Indium memiliki sifat yang tidak biasa ketika cair menempel pada kaca bersih dan permukaan lainnya; ini membuat Indium beguna untuk memproduksi segel kedap udara antara kaca, logam, kuarsa, keramik, dan marmer. Indium digunakan dalam lapisan bantalan mesin pesawat karena meningkatkan ketahanan korosi. Indium adalah bahan dalam beberapa paduan rendah leleh yang digunakan dalam kepala sprinkler dan colokan lebur. Logam Indium secara luas digunakan dalam pembuatan perangkat semikonduktor dan untuk menyolder berbagai bagian transistor germanium dan rectifier. Indium juga digunakan untuk mengukur fluks neutron termal reaktor nuklir dan untuk memantau neutron untuk melindungi peralatan. Indium alami adalah campuran dua isotop: indium-113 (4,28 persen) dan indium-115 (95,72 persen). Logam indium tidak terpengaruh oleh udara pada suhu biasa, tetapi pada panas merah Indium akan terbakar dengan nyala biru-violet dan membentuk oksida kuning In2O3. Oksida ini mudah direduksi menjadi logam, dan pada pemanasan yang kuat akan kehilangan oksigen menghasilkan monoksida, In2O, di mana indium dalam keadaan oksidasi +1. Indium Hidroksida larut dalam kedua asam dan alkali.
Pengertian Indium dan PenjelasannyaIndium adalah unsur amfoter; larut dalam asam untuk memberikan garam indium, dan juga larut dalam alkali yang terkonsentrasi untuk memberikan indates. Namun, tidak terpengaruh oleh kalium hidroksida atau air mendidih. Ketika dipanaskan dengan adanya halogen atau belerang, kombinasi Indium langsung terjadi. Meskipun senyawa indium otentik dengan beberapa senyawa lain(misalnya, halida) telah disusun di mana elemen dalam keadaan oksidasi +1, indium umumnya menampilkan keadaan oksidasi +3 dalam senyawanya. Dengan Kelompok utama elemen 15 (Va), senyawa bentuk indium (indium nitrida, indium phosphide, indium arsenide, indium antimonide) yang memiliki sifat semikonduktor. Senyawa indium berstruktur nano telah dikembangkan, termasuk nitrida indium (INN) nanorods untuk kecepatan tinggi efek medan transistor dan dioda pemancar cahaya (LED), yang dapat digunakan dalam televisi dan layar komputer.
Semua triply anhidrat dibebankan derivatif indium kecuali indium trifluoride (InF3) kovalen. Ada kecenderungan yang ditandai untuk dua elektron terluar dari atom indium (elektron luar 5s2) tidak akan digunakan dalam ikatan; hasilnya senyawa indium akan bermuatan tunggal.
Properti elemen
nomor atom
49
berat atom
114,82
titik leleh
156,61 ° C (313,89 ° F)
titik didih
2.080 ° C (3776 ° F)
berat jenis
7.31 (pada 20 ° C [68 ° F])
oksidasi
+1, +3
elektron konfigurasi
[Kr]4d105s25p1

artikel ini disalin lengkap dari: http://amirsarifuddin.blogspot.com/2014/12/pengertian-indium-dan-penjelasannya.html
halaman utama website: http://amirsarifuddin.blogspot.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog