Manfaat Mangan Untuk Kesehatan

Mangan adalah mineral kelumit (trace mineral) yang terdapat dalam kuantitas yang relatif sedikit pada beberapa jaringan penting di dalam tubuh antara lain dalam tulang, ginjal, hati, dan pankreas. Mangan banyak terdapat pada bahan makananan seperti beras merah, nanas, biji labu, tempe, kedelai, oats, kale, strawberry, bawang putih, anggur, terong, cengkeh, kayu manis, dan kunyit.  Apa manfaat mineral mangan bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat mangan bagi kesehatan tubuh.


1. Menjaga Kesehatan Tulang
Mangan adalah unsur kelumit yang yang penting bagi kesehatan tulang. Sebagian besar mineral mangan yang terdapat dalam tubuh kita berada dalam jaringan tulang. Pertumbuhan tulang yang normal memerlukan mineral mangan karena mineral ini membantu meningkatkan kepadatan tulang.
2. Membantu Aktivasi Enzim
Di dalam tubuh, mineral mangan bertindak sebagai aktivator enzim dan merupakan komponen metaloenzim (enzim yang mengandung ion metal). Mangan mengaktivasi enzim-enzim yang bertanggungjawab tyerhadap penggunaan nutrisi seperti biotin, thiamin, asam askorbat, dan kolin.
3. Menangkal Radikal Bebas
Kelebihan radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel. Radikal bebas sangat reaktif sehingga dapat menyerang sel-sel tubuh. Mineral mangan dikenal memiliki khasiat antioksidan yang dapat menangkal reaktivitas radikal bebas.
4. Mengurangi Gejala PMS
Mineral mangan diketahui bermanfaat membantu wanita yang mengalami premenstrual syndrome (PMS) untuk mengurangi gejala-gejala PMS berupa perubahan mood, sakit kepala, depresi, dan gangguan emosi.
5. Membantu Metabolisma
Tubuh kita juga menggunakan mineral mangan untuk membantu penyelenggaraan metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi. Mangan membantu metabolisma vitamin B1 dan vitamin E. Mangan juga diperlukan untuk mengaktivasi enzim-enzim yang membantu metabolisma karbohidrat, asam amino, dan kolesterol.
6. Menguragi Gejala Osteoarthritis
Mineral mangan sangat penting bagi kesehatan tulang. Memberikan tambahan mineral mangan diketahui dapat membantu mengurangi gejala nyeri sendi pada penderita osteoarthritis.
7. Membantu Mengatur Kadar Glukosa Darah
Memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral mangan dapat mengurangi resiko hiperglikemia (darah glukosa darah tinggi). Mangan diketahui berperan membatu tubuh mengendalikan kadar glukosa darah.
8. Membantu Pencernaan Makanan
Salah satu manfaat dari mineral mangan di dalam tubuh kita adalah untuk membantu pencernaan makanan dan membantu pemanfaatan nutrisi. Pencernaan yang sehat dan lancar membantu mempertahankan kesehatan fisik.
9. Membantu Fungsi Kelenjar Tiroid
Mineral mangan diperlukan dalam membantu fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid atau kelenjar gondok adalah kelenjar yang menghasilkan hormon tiroksin.
10. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf
Mangan diperlukan dalam menjaga kesehatan jaringan syaraf. Mangan membantu fungsi sistem koordinasi antara otak, syaraf, dan otot.

artikel ini disalin lengkap dari: http://olvista.com/kesehatan/10-manfaat-mineral-mangan-bagi-kesehatan/
halaman utama website: http://olvista.com/
jika mencari artikel yang lebih menarik lagi, kunjungi halaman utama website tersebut. Terimakasih!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog