Bintang Tercepat Di Jagat Raya

ilmuwan menemukan sebuah objek luar angkasa yang cukup kuat untuk melawan gravitasi galaksi Bima Sakti. Bermodal kecepatan, bintang mungil ini bakal jadi yang pertama meninggalkan galaksi kita.
Diberi nama US708, bintang kerdil tersebut pertama kali ditemukan oleh Dr. Peter Usher tahun 1982. Karena dianggap tidak spesial, penelitian akan bintang US708 ditelantarkan.

Bintang US708 Terlihat Melintas di Atas Galaksi Bima Sakti (Milky Way)


Lalu, beberapa waktu lalu, ahli antariksa dari Universitas Hawaii memutuskan untuk meneliti kembali bintang US708. Hasilnya, mereka kaget bukan main, sebab bintang itu ternyata memecahkan rekor benda tercepat di alam semesta. US708 yang saat ini terletak 62.000 tahun cahaya dari Bumi itu diklaim memiliki kecepatan kilat, hingga 1200 kilometer per detik. Dengan kecepatan itu, perjalanan dari Bumi ke bulan bisa ditempuh dalam lima menit saja! Menurut ilmuwan Universitas Hawaii, bintang US708 mempunyai kecepatan super akibat 'didorong' bintang lain yang meledak. Ledakan 'supernova' dari bintang raksasa yang ada di dekat US708 membuatnya terdorong keluar dari galaksi Bima Sakti. untuk melarikan diri dari galaksi Bima Sakti, sebuah benda luar angkasa harus mempunyai kecepatan minimal 600 kilometer per detik. Oleh karena itu, ilmuwan Universitas Hawaii memprediksi bintang US708 sudah keluar dari Bima Sakti sekitar 25 juta tahun lagi.


artikel ini disalin lengkap dari: http://www.merdeka.com/teknologi/tercepat-di-jagat-raya-bintang-ini-melaju-1200-kilometer-per-detik.html
halaman utama website:  http://www.merdeka.com/
Jika ada waktu, Dimohon untuk Membuka Halaman Utama website yang telah saya salin artikelnya ya!

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog