penyebab matahari terlihat besar dan kecil

semua orang bila melihat matahari terbit dari arah timur dan terbenam di sebelah barat itu hanyalah istilah belaka, karena matahari berputar pada porosnya dan bumi berputar mengelilingi matahari sambil berputar pada poros bumi itu sendiri. yang menjadi pertanyaanya setiap orang mengapa matahari di pagi hari terlihat besar tapi terasa hangat dan pada siang hari terlihat kecil tapi terasa panas dan sore hari terlihat besar, dan panasnya pun berkurang.



Sinar matahari pada pagi hari terasa hangat karena udara di sekeliling kita masih dingin dan baru terkena sinar matahari pagi sedangkan matahari letaknya jauh dari kita.

pada tengah hari terasa panas sekali sebab udara di sekeliling kita sudah terbakar oleh sinar matahari sejak pagi adapun letak matahari dekat dengan kita.

waktu sore sinar matahari terasa mulai menurun panasnya tidak sama dengan pagi dan siang hari.sebab udara sore sudah kena sinar matahari sejak pagi dan panasnya menurun karena matahari semakin jauh dari kita.

pengertian besar kecilnya matahari yang terlihat oleh mata kita pada pagi dan sore hari terlihat sama besarnya. tetapi di siang hari terlihat agak kecil itu disebabkan penglihatan mata yang selalu berubah-ubah dalam keadaan melihat kedepan,keatas, dan kebawah tidak sama.pada pagi hari mata hari terlihat besar dan sinarnya tidak panas. terlihat bola matahari yang besar itu disebabkan oleh bola mata kita yang bisa berubah bentuk contoh bila kita berdiri tegak bola mata kita akan berbentuk lonjong kedepan maka mata kita akan melihat matahari terbit di timur terlihat besar dan apabila kita melihat keatas bola mata kita berbentuk pipih dan akan berpengaruh pada penglihatan kita maka matahari yang kita lihat di atas akan terlihat kecil dan bila kita melihat ke dalam lubang sumur terlihat lubang sumur itu semakin ke bawah semakin kecil padahal sama.Penglhatan mata tidak sama ketika melihat ke atas dan ke bawah.

itu disebabkan oleh betumpunya bola mata kita yang berbeda. kita cari 2 buah benda yang sama besarnya yang satu kita taruh diatas tiang yang satunya lagi kita taruh kedalam lubang sumur atau jurang yang jaraknya kedua benda itu sama dari tempat kita berdiri maka akan terlihat kecilnya tidak sama lebih kecil yang ada diatas daripada yang di bawah.

sebab waktu kita melihat ke atas bola mata kita bertumpu pada tulang tengkorak mata sebab itu bola mata lebih pipih sehingga bila melihat lebih kecil tetapi waktu kita melihat kebawah bola mata bertumpu pada kelopak mata yang elastis menyebabkan bola mata tidak terlalu pipih yang akan menyebabkan penglihatan tidak terlalu kecil sebab itu kerja mata kita seperti teleskop.

No comments:

Not Indonesian?

Search This Blog